Mengenal Lebih Dekat Sosok Sohib

12.192 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, BANDUNG – Loyalitas, supel serta ketegasan merupakan rangkaian dari sikap dan perilaku daro seoramg yang memiliki jiwa Karakter kepemimpInan. Jiwa karakter kepemimpinan yang dimiliki Tersebut pantasnya disandangkan kepada salah satu pejabat lurah, kelurahan Balonggede yang berada diwilayah Kecamatan Regol Kota Bandung yakni, Muhamad Sohib, S.IP, MM.

Lurah Sohib juga dikenal sebagai sosok selain memiliki loyalitas, supel serta ketegesan. Ia pun memiliki sikap disiplin dan humoris. Dengan disiplin dan humoris inilah Pak lurah dekat dengan siapapun yang selama ini ia kenal.

Seperti yang diakui Aryani Muliani, menurutnya bahwa Lurah Balonggede selama kenal dan akrab sering membantu dan peduli kepada dirinya dalam berbagai hal.

“Khususnya kepedulian kepada para pemuda-pemudi yang tergabung dalam wadah karang taruna di Balonggede untuk sama-sama membangun kewilayahan.” Katanya.

Selain itu, kata Aryanti Mulyani, dirinya pun cukup berbangga hati telah memiliki kepemimpinan di Kelurahan Balonggede yang konsen serta peduli akan keberadaan para pemuda saat ini imembutuhkan uluran tangan dari pemerintah.

“salah satunya Pak Sohib telah memperjuangkan kami dalam beberapa program kegiatan,” ujar ketua karang taruna.

Lain halnya, diakui Virgo Somantri, bahwa Lurah Balonggede memang benar orangnya peduli, tegas dan humoris. Hal ini dibuktikan ketika saat menjalani tugas yang diamanahkan dari lurah kepadanya.

“ Pak Sohib itu, selain tegas ia pun tak pernah mengnal waktu dalam bertugas. Saat di hari libur pun selalu menyempatkan untuk menemui saya dan tim Linmas. Sepertinya bagi saya Pak Sohib orang yang mempunyai wibawa dan cakap menjadi sebagai pemimpin,” kata Virgo.

Sementara itu ditempat terpisah, menurut tokoh masyarakat yang juga sebagai ketu RW 04 yakni Rusmana, bahwa Lurah Balonggede dalam melaksanakan kinerja sebagai pejabat lurah disini berhasil mengubah paradigma yang sebelumnya.

Kehadirannya membuat dampak positif bagi warga masyarakat Balonggede. Kepemimpinannya membawa Balonggede jadi idola bagi kelurahan yang ada di kecamatan regol terlebih bagi Kota Bandung. Salahsatunya dapat membuat kreatif dan inovasi pengembangan para pedagang kaki lima (PKL) yang berada di kawasan belakang Pendopo yang tadinya kurang enak dipandang sekarang menjelma menjadi indah nan elok untuk dikunjungi.

Selain kreatif dan inovatif, Lurah Balonggede pun memiliki jiwa yang resfectbakan Keadaan bersifat isidentil bersangkutan dengan keadaan warga masyarakat. Tanpa mengenal Lelah Dan waktu ia sering turun ke warga menyapa dan silaturahmi. “mungkin inilah kiranya sya rasakan selama bekerja sama dengan lurah balonggede selama menjabat RW disini. Ketika ada kekurangan dan kelebihan itu manusiawi semua tak ada yang sempurna. Tetapi, kepemimpinan Pak Sohib bisa jadi tolak ukur lainnya ketika tidak menjabat di balonggede. Senangkanlah hati orang, karena itu bagian dari doa, ” kata dia.

Menjabat jadi lurah merupakan amanah yang harus dijalani, di syukuri serta di amati. Apapun yang dilaksanakan dalam keadaan tetap harus di jalani, bagaimanapun ada kekurangan serta kelebihan dalam mengemban amanah jabatan ini tetap harus di syukuri begitu pun sianh dan malam selama belum selesai pekerjaan ataupun keadaan mendesak harus turun kelapangan mengerjakan tugas untuk tetap dinikmati. Kata Sohib saat ditemui di ruang kerjanya.Apalagi masyarakat balonggede yang majemuk, kata Sohib, hal ini perlu ditangani dengan sebuah kebersamaan berbagai elemen yang melibatkan unsur masyarakat mulai dari, RW, LPM, Karang Taruna, PKK, tokoh masyarakat maupun lainnya.

Melihat pertumbuhan serta perkembangan perekonomian masyarakat Saai ini, kata sohib khususnya di balonggede yang merupakan jantungnya Ibu kota provinsi selayakny punya peran khusus dalam penangannya.

Sebuah keberhasilan menata Wilayah di balonggede ini, lanjut Sohib tak terlepas dari peran pemerintah kota serta pemerintah kecamatan yang mendukung dan mensuport penuh kepada pihaknya.

“ Hal inilah  motivasi untuk lebih baik lagi dan baik lagi dalam melakukan suatu perubahan.” ungkapnya.

Semenjak tahun 2011 hingga sekarang, dikatakan Sohib, dirinya mengemban amanah di Balonggede penuh suka dan duka dalam perjalanannya. Tetapi hal itu bagi dirinya ditekuni dengan sebuah keikhlasan dan ketulusan untuk di jalani.

“karena bagi saya, senangkanlah hati orang lain, karena itu bagian daripada doa,” imbuhnya.