Pemkab Garut Berhasil Memulangkan 158 Warga Garut Pengungsi Korban Gempa Palu

9.158 dibaca
Wakil Bupati Garut H Helmi Budiman saat menyambut pengungsi korban gempa bumi Palu di halaman Setda Garut

BUANAINDONESIA.CO.ID, GARUT – Pemerintah Kabupaten Garut melalui Tim Gabungan pemulangan pengungsi korban gempa bumi dan tsunami Palu dan Donggala yang dibentuk oleh Bupati Garut H Rudy Gunawan berhasil memulangkan 158 pengungsi asal Garut yang selamat dalam musibah itu.

Tim dibagi menjadi Tiga tempat di Posko Setda Garut, Posko Halim Perdana Kusuma dan Tim penjemputan langsung ke Makasar dan Palu.

Kepada Media Kepala Bidang Kehumasan Diskominfo Garut Ricky Rizky Darajat memgatakan, pengungsi terakhir tiba di Garut berjumlah 20 orang yang berasal dari 4 kecamatan.

” Mereka dari kecamatan, Sukaresmi, bayongbong, Pameungpeuk, samarang, Limbangan dan Garut kota”, terang Ricky setibanya dari Makasar¬† Senin 8 Oktober 2018.

Dengan Demikian lanjut Ricky, sejak pertama penjemputan oleh Kapolres Garut dan Kodim 0611 hingga penjemputan yang dilaksanakan oleh Pemkab Garut berjumlah 158 orang.

” Semua pengungsi dalam kondisi sehat dan sudah dikembalikan kepada keluarganya”, ujar Ricky.

Bupati Garut H Rudy Gunawan kepada Buanaindonesia menyampaikan, komitmen Pemkab Garut untuk memulangkan para pengungsi Korban gempa bumi dan tsunami palu asal kabupaten Garut yang akan pulang kampung akan difasilitasi oleh Pemkab Garut.

” Kami sudah mengarahkan kepada Tim untuk menyapu bersih warga Garut yang ada di Sulawesi untuk difasilitasi kepulangannya apabila mereka ingin kembali ke Garut”, kata Rudy Gunawan, Selasa 9 Oktober 2018.

Harapannya tambah Rudy Gunawan, mereka bisa beristirahat di kampungnya masing – masing, serta memulihkan kondisi badan dan kejiwaannya pasca gempa bumi yang dialaminya disana.