Pemkab Garut Salurkan Bantuan Korban Longsor Cisewu dan Talegong

2.176 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, GARUT – Bertempat di kantor kecamatan Talegong kabupaten Garut, Kamis 14 Januari 2021,  Bupati H Rudy Gunawan menerima kunjungan kerja Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) provinsi Jawa Barat Dani Ramdan, dalam kesempatan itu pula secara simbolis Bupati menerima bantuan logistik sumbangan pemerintah provinsi Jawa Barat melalui BPBD yang langsung disalurkan kepada para korban bencana longsor yang ada di kecamatan Talegong dan Cisewu kabupaten Garut.

Bupati Garut mengucapkan terima kasih kepada pemerintah provinsi Jawa Barat yang telah memberikan sumbangan bagi korban longsor di kecamatan Talegong dan Cisewu.

Advertisement

” Terima Kasih kepada Kepala BPBD Provinsi Jawa Barat Bapak Dani yang mewakili pemprov jawa barat memberikan sumbangan kepada korban tanah longsor di dua kecamatan Talegong dan Cisewu, semoga Allah SWT memberikan perlindungan kepada kita semua” doa Bupati Rudy Gunawan.

Mengenai kondisi bencana saat ini imbuh Rudy, pihaknya melihat sangat mengkhawatirkan, dan lahan yang mereka tempati sudah tidak layak lagi untuk dijadikan tempat tinggal.

” Karena memang terjadi tanah yang bergerak ( pergerakan tanah ) dan longsoran yang mungkin kalau terjadi hujan lagi akan kembali longsor” terang Bupati.

Untuk itu, sambungnya, Pemkab Garut tidak mau memgambil resiko adanya korban apabila hal ini dibiarkan, maka warga yang berada di zona itu harus dipindahkan.

” Jadi kami sementara ini ada 8 penghuni rumah yang sudah dipindahkan hari ini, dan Pemda memberikan bantuan Rp 25 juta perumah untuk pindah ke tempat yang lebih aman” ucapnya.

Yang selanjutnya Bupati meminta kepada warga, apabila terjadi hujan yang besar untuk segera pindah ke tempat yang lebih aman.

” Kami sudah melakukan mitigasi dan simulasi tentang kebencanaan, Alhamdulillah masyarakat sudah mengerti bahwa keselamatan jiwa lebih penting daripada harta benda yang ada” tuturnya.

Selain bantuan dari Pemprov Jawa Barat, Bupati Juga menyerahkan bantuan dari Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian dan Korp Pegawai Republik Indonesia ( Korpri ) kabupaten Garut