Padat Karya Pulihkan Lokasi Longsor Di Cisewu Dan Talegong

2.329 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, GARUT – Rekontruksi lokasi longsor yang terjadi di Talegong dan Cisewu akan dilakukan melalui Sistem padat karya oleh masyarakat setempat, hal ini disampaikan Bupati Garut H Rudy Gunawan usai meninjau lokasi longsor, Kamis 14 Januari 2021.

” Sehubungan lokasi longsor berada di jalan desa dan sangat kecil, maka untuk pengerjaan rekontruksi nya diserahkan kepada warga melalui padat karya tunai” kata Bupati Garut Rudy Gunawan.

Advertisement

Untuk alat berat lanjut Rudy, seperti Beko akan difasilitasi oleh Dinas PUPR, sementara masyarakat yang melaksanakan kegiatan dan dibayar oleh Pemerintah kabupaten.

” Mereka dipekerjakan untuk membersihkan lumpur, akan kami bayar setiap hari sebesar Rp 60.000, dari padat karya tunai itu” terangnya.

Sementara untuk antisipasi bencana Bupati menerangkan, bahwa antisipasi tanah sangat sulit, karena yang harus dihindari saat ini anjuran kepada masyarakat untuk tidak menempati tanah yang rawan longsor.

” Mungkin rekontruksi terhadap tanah itu baru bisa dilakukan saat musim kemarau, untuk saat ini masyarakat di larang untuk bertempat tinggal di tempat itu, kalau siang silahkan tetapi kalau sudah sore dan ada potensi hujan besar mereka harus segera ke tempat yang lebih aman, kita akan menyediakan tenda yang bisa ditempati kurang lebih oleh 100 keluarga” pungkasnya.