Pemkab Garut Siap Inplementasikan Program ” Jabar Masagi “.

3.534 dibaca


BUANAINDONESIA.CO.ID, GARUT – Pemerintah Provinsi Jawa Barat meluncurkan program kearifan lokal Pemprov Jawa Barat dengan nama ” Jabar Masagi ” yang diluncurkan Gubernur Ridwan Kamil, Rabu 5 Desember 2018, di Gedung Negara Kota Cirebon.

Program “Jabar Masagi” merupakan program pendidikan karakter yang berbasis budaya Jawa Barat yang terdiri dari tiga wilayah budaya, yakni Sunda, Cirebon, dan Betawi. Program “Jabar Masagi” akan disisipkan pada kurikulum serta kegiatan belajar mengajar di semua satuan pendidikan. Disamping itu program “Jabar Masagi” akan diimplementasikan dalam  seluruh program praktek, baik di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.

Program “Jabar Masagi” ditujukan untuk menumbuhkan peserta didik di Jawa Barat sebagai manusia berbudaya yang difokuskan pada empat aspek yaitu, belajar merasakan (niti surti), belajar memahami (niti harti), belajar melakukan (niti bukti ) dan belajar hidup berbakti (niti bakti).

Dalam konteks pendidikan/sekolah mewujudkan cita-cita “Manusia Masagi” (Manusia Unggul Jawa Barat) adalah dengan menumbuhkan anak/siswa yang sejahtera/bagja. Strategi dalam menumbuhkan anak/siswa yang sejahtera/bagja yakni melalui pengembangan pola pikir dan emosi positif, ketangguhan, keterlibatan, tujuan dan kebermaknaan, kekuatan, pencapaian, dan hubungan posotif.

Peluncuran Jabar Masagi ditandai dengan penandatanganan komitmen pelaksanaan program ini bersama bupati dan wali kota se-Jawa Barat.

Kepala Bidang SMP sebagai Kadisdik Kabupaten Garut terpilih, Totong, S.Pd., M.Si yang hadir mewakili Bapak Bupati Garut H Rudy Gunawan dalam acara tersebut, menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi dan mendukung Program “Jabar Masagi” apalagi hal ini sesuai dengan program-program Disdik Kab. Garut. Pihaknya berkomitmen untuk mendukung Program “Jabar Masagi” dan akan segera menyiapkan langkah-langkah strategis untuk mengimplementasikannya.

” Kami sangat mengapresiasi program kearifan lokal dari Jawa Barat ini, inovasi dan kreativitas tersebut selaras dengan program kerja Bapak Bupati Garut utamanya pada Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPPK) yang telah dicanangkan Bapak Bupati Garut pada acara Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tingkat Kab. Garut beberapa waktu yang lalu,” jelas Totong.