Pemkab Kesulitan Menentukan Rencana Tata Ruang Wilayah Tol Serang Panimbang

38.578 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, PANDEGLANG – Pemerintah Kabupaten Pandeglang masih kebingungan menentukan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dalam pembangunan mega proyek nasional jalan Tol Serang-Panimbang, pihaknya masih mencari lokasi yang cocok untuk para investor menanamkan modalnya. Pasalnya, Pemkab harus bisa menentukan lokasi mana yang cocok untuk bidang Pertanian dan lokasi mana yang cocok untuk bidang Maritim.

“Sedang membahas Peraturan Daerah (Perda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dimana lokasi yang cocok untuk investasi maritim, investasi pertanian juga jangan sampai berkurang dari destinasi wisata yang sekarang sudah ada,” tutur Bupati Pandeglang Irna Narulita, Selasa, 11 Juli 2017.

Advertisement

Menurutnya, para pemimpin baik Kabupaten maupun Kota harus duduk bersama untuk menentukan aturan yang bisa disepakati bersama, karena dalam pembangunan jalan Tol Serang-Panimbang bukan hanya Pemkab Pandeglang yang ikut terlibat, melainkan Kota dan Kabupaten lain juga harus sama-sama terlibat.

“Jadi kita memang harus duduk bareng ga mungkin serta merta aturan tanpa melibatkan kabupaten kota, karenakan ada pemerintah Pandeglang dan Lebak yang bakal dilalui tol Serang-Panimbang, ada juga 33 pulau yang harus dijual dan ini perlu duduk bareng juga dengan Provinsi Banten yang bisa nge-link ke Pemerintah Pusat karena ini kewenangan Pemerintah Pusat,” ucapnya.

Irna berharap, RTRW Provinsi Banten bisa secpatnya bisa selesai, sebab menurutnya, banyak investor yang ingin segera menginvestasikan modalnya masih terkendala lokasi yang belum jelas. Untuk wilayah Pandeglang sendiri, Irna ingin mengedepankan bidang Pariwisata, alasannya karena Pandeglang memiliki garis pantai yang sangat panjang sehingga paling tepat yakni bidang Pariwisata.

“Berharap RTRW provinsi juga sudah selesai tahun ini, banyak investor yang ingin berinvestasi kita belum bisa menunjukan ditempat yang mana, kalau panimbang itu lebih kepada pariwisata. Karena kita panjang pantai paling panjang pasti sesuai kor visi misi kami kalau tidak salah kemungkinan bisa nambah bidangnya, pasti pertanian, maritim, dan wisata, perdagangan juga kan include disitu pertanian ada karena kan ada pelabuhan perdagangan juga,” inginnya.