Perempuan Ini Raup Miliaran Rupiah dari Jual Beli Telur, Hasilnya Diciduk Polisi

12.412 dibaca
Tersangka SP saat menjalani pemeriksaan intensif penyidik di Mapolresta Bogor Kota. Perempuan ini ditangkap karena diduga melakukan penipuan dengan modus investasi bodong jual beli telur. (BUANA INDONESIA NETWORK/ Acep Mulyana)


BUANAINDONESIA.CO.ID BOGOR- Seorang perempuan berinisial SP ditangkap Satuan Reserse Kriminal Polresta Bogor Kota. SP diduga melakukan penipuan dan penggelapan uang miliaran rupiah dengan kedok investasi telur ayam negeri.

Kasat Reskrim Polresta Bogor Kota, Kompol Didik Purwanto, mengatakan bahwa perkara itu berhasil diungkap polisi setelah adanya laporan dari korban yang merupakan distributor telur di Kota Bogor.

Advertisement

“Ya, awalnya ada laporan dari distributor yang merasa ditipu karena sudah investasi tetapi telur ayam hanya dikirim setengah,” ujar Didik, Rabu 25 April 2018.

Kompol Didik menjelaskan, SP diamankan di kawasan Kecamatan Bogor Selatan. Berdasarkan keterangan sementara, SP mengaku menjalankan aksinya dengan kedok supplier telur. “SP dulunya pernah menjadi pedagang telur, kemudian dia bangkrut. Dia membeli telur dari supplier di Jakarta dengan harga normal kemudian dijual ke distributor,” katanya.

Tetapi, sambung Didik, saat menjual kembali kepada distributor, pelaku menjual telurnya lebih murah dari harga pasaran, sehingga menarik minat korban untuk membeli telur kepadanya. “Ke distributor, SP mengaku stok telurnya indent, jadi harus investasi dulu. Akhirnya para distributor ini memberikan uang. Bahkan ada yang mencapai Rp1,5 miliar,” paparnya.

Berjalan enam bulan, tiba-tiba pengiriman telur yang dijanjikan pelaku tak sesuai dengan nilai uang yang telah diberikan. Lantaran merasa ditipu, para distributor akhirnya melapor. Kata Kompol Didik, sejauh ini terdapat 14 korban dengan total kerugian mencapai Rp7,9 miliar.

Pelaku dijerat Pasal 378 KUHP jo Pasal 372 KUHP tentang Penipuan dan Penggelapan dengan ancaman hukuman empat tahun penjara. “SP masih kami mintai keterangan untuk mengetahui digunakan untuk apa uang hasil penipuan itu,” katanya.