Reformasi Birokrasi Bukan Hal Yang Baru, Ini Kata Wabup Tanto

12.959 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID Pandeglang – Menurut Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban, Reformasi Birokrasi bukan hanya issue pemerintah pusat, namun di daerah juga menjadi persoalan yang sangat serius. Tidak hanya birokrasi, akan tetapi harus diikuti pula oleh Reformasi politik.

“Kita bersama untuk mewujudkan Itu, Good Governance dan Clean Governance. Oleh sebab itu tidak hanya birokrasinya saja, tapi semua terlibat bahkan masyarakat sekalipun,” kata Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsino Arban usai acara Fokus Grup Discusion (FGD) di Hotel Grand Zuri BSD City, yang diselenggarakan Sekretariat Kabinet, Rabu, 25 Juli 2018.

Menurut Tanto, permasalahan Reformasi Birokrasi ini bukan hal yang baru, bahkan dari dulu hingga saat ini memang cukup sulit untuk diselesaikan.
“Tapi Alhamdulillah selama 2,5 tahun ini Ibu Bupati Irna Narulina dan saya (red), memimpin, sudah membaik dan banyak perubahan di Pandeglang dari tatanan birokrasi, walaupun masih banyak yang harus dibenahi, yang menilaikan bukan kita, tapi kementerian, dan saat ini banyak capaian yang ditorehkan mulai dari peningkatan menjadi WTP , penilaian SAKIP menjadi B, dan LPPD dengan penilaian sangat tinggi, Reformasi birokrasi itu outputnya birokrasi profesional, dan handal sehingga memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujarnya.

Masih kata Tanto, mengapa Reformasi Birokrasi harus diiringi dengan Reformasi Politik, hal ini akan berdampak pada kaderisasi.

” Dengan begitu akan mencetak kader parpol yang berkualitas, handal, dan memiliki skil yang mempuni, ” ungkapnya.

Sementara narasumber dalam acara tersebut Prof. Irfan Ridwan Maksum (Guru Besar FAI – UI), menurutnya baik reformasi birokrasi maupun politik dua duanya harus sejalan.

” Jika birokratnya sehat, sistemnya sehat, semua akan bagus, walaupun prilaku birokrasi bagus, jika salahsatu salah, tentu yang akan terlihat kesalahannya, kebenarannya tidak aka terlihat, oleh sebab itu harus seirama, sejalan dalam menjalakna tugas itulah Pemerintahan yang di sebut bagus” paparnya.