Rizal Ramli: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Mandek Di 5%

6.401 dibaca
Rizal Ramli saat diwawancarai usai mengisi acara di Kota Bandung, Sabtu 14 April 2018 (BUANA INDONESIA NETWORK/Dini Kamilani).


BUANAINDONESIA.CO.ID, BANDUNG,-Ekonomi Indonesia lima tahun terakhir mandek di 5% dan akan berlanjut kemandekan ini sampai 2019, karena kebijakan makro ekonominya sangat konservatif, sekedar mengamankan pembayaran hutang dan pokok dan bunganya, yang tahun ini akan mencapai 840 triliun rupiah, 2 kali dari anggaran infrastruktur. Hal itu dikemukakan oleh pakar Ekonomi Rizal Ramli atau dibiasa disebut RR, saat mengisi acara di Kota Bandung, Sabtu 14 April 2018.

Menurutnya hal tersebut tidaklah aneh, pertumbuhan ekonomi mandek di 5%,  dimana saat ini daya beli rakyat terutama yang menengah kebawah sangat merosot. .

Advertisement

“Kalo menengah atas kondisi kaya gini malah bagus bagi mereka, karena harga aset, tanah, bangunan, perusahaan turun, mereka bisa beli, mereka juga bisa hedging pake mata uang asing atau emas, jadi mereka bisa lebih kaya, yang kena itu kalangan menengah bawah, apalagi harga-harga utilitas dinaikin bbm dan sebagainya,” ungkap RR.

Kalau melihat kebijakan ekonominya kami khawatir, kata Rizal Ramli, berharap pemimpin Saat ini bisa mawas diri, bisa berlapang dada melakukan introspeksi.

“Kalau tidak mampu memperbaiki nasib rakyat kita, dua tahun atau tujuh tahun lagi, saya kira cukup,” ungkapnya.

Kecuali mampu ada kejelasan programnya, stateginya, apa yang mau dilakukan lima  tahun lagi. “Tapi  jika tidak, saya kira cukup, kasian bangsa kita ini,” pungkasnya.