Smart SIM Mulai Di Cetak Polres Garut

5.066 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, GARUT – Kepolisian Resor ( Polres ) Garut Jawa Barat meluncurkan pembuatan Smart Surat Izin Mengemudi ( SIM ) yang terkoneksi dengan kartu tanda penduduk (KTP) elektronik dan bisa digunakan untuk pembayaran elektronik seperti e-tol atau belanja ke supermarket.

“Kami baru menerima material Smart SIM dari Polda, baru akan dilaksanakan pertengahan bulan ini,” kata Bintara Urusan (Baur) SIM Satlantas Polres Garut Ajun Inspektur Polisi Satu ( Aiptu ) Tata Setiawan kepada wartawan, Rabu 16 Oktober 2019.

Masih kata Tata, Polres Garut baru memberlakukannya Smart SIM sepekan lalu setelah mendapatkan materialnya dari Polda Jabar. Polres Garut mulai membuat Smart SIM sejak 13 Oktober 2019 dengan tampilan SIM warna baru yang terdapat tulisan “Indonesia” di atas kartu SIM.

“ Tampilannya lebih simpel, terus ada dua foto di dalam SIM, terkoneksi juga dengan data e-KTP,” katanya.

Tata menyatakan, Smart SIM tidak hanya untuk bukti telah lulus izin mengemudi, tetapi bisa digunakan untuk saldo uang elektronik dengan saldo maksimal Rp 2 juta.

” Namun khusus program itu sementara belum dapat diberlakukan karena belum ada ketetapan kerja sama antara Polri dengan Bank Indonesia dalam menentukan kantor banknya. Nantinya SIM akan sama seperti kartu elektronik lain, tapi untuk sekarang Smart SIM ini belum bisa dipakai jadi uang elektronik, Polri dan Bank Indonesia belum menentukan bank untuk kerja samanya,” ucap Tata.

Kartu SIM atau Smart SIM memiliki kelebihan lain yaitu data pelanggaran lalu lintas pengendara pemilik SIM tersebut akan terdeteksi secara elektronik.

” Nanti semua data lalu lintas tersimpan di Smart SIM,” pungkasnya.