Pemkot Palembang Apresiasi “Launching” Sistem Warsa di Kecamatan Kalidoni

2.771 dibaca

BUANAINDONESIA. CO.ID,Palembang- Pemerintah Kota Palembang mengapresiasi launching Warung Serba Ada (Warsa) di Kecamatan Kalidoni. Apalagi aplikasi Warsa menawarkan kemudahan berbelanja dengan menggunakan aplikasi yang didownload di playstore.

Walikota Palembang diwakili Staff Ahli Walikota Bidang Sosmas, Herly Kurniawan mengungkapkan bahwa Pemerintah kota (Pemkot) Palembang sangat mengapresiakan atas apa yang dilakukan oleh pihak Kecamatan Kalidoni.

Advertisement

“Warsa ini mengadopsi market online. Jadi masyarakat dapat mudah untuk memenuhi kebutuhannya pokoknya dan lain-lain juga bisa transaksi keuangan,” ucapnya usai soft launching Warsa di Kantor Camat Kalidoni, Kamis 17 Oktober 2019.

“Kita berharap kedepan tidak hanya Kecamatan Kalidoni saja yang mampu menciptakan sebuah inovasi yang luar biasa, namun hal tersebut juga dapat dilakukan juga untuk seluruh Kecamatan yang ada di kota Palembang. Kami juga akan terus mensuport kegiatan ini sekaligus akan mengajak pelaku-pelaku usaha BUMN, BUMD untuk ikut bekerja sama dalam terciptanya visi dan misi Pemkot Palembang,” katanya.

Camat Kalidoni Ari Wijaya mengatakan,  Warsa merupakan salah satu dari kegiatan satuan kerja (Satker) Kecamatan Kalidoni yang menyiapkan beberapa jenis layanan, yakni pelayanan warung manisan atau sembako, Fresh Food, pelayanan Bank Sampah dan Agen BNI 46.

“Sistem kita sudah siap. Kami akan memasang sistem ini di 200 warung yang tersebar di kecamatan Kalidoni,” jelasnya.

Dijelaskan,sistem Warsa ini ada dua Aplikasi yang berjalan, yakni Box Belanja yang digunakan masyarakat untuk belanja, dan Ralali yang digunakan untuk memesan barang dari Suplayer.

“Launching akan dilakukan di akhir November nanti adalah aplikasi yang dari warung kepada Satker dan Satker kepada Suplayer dengan menggunakan aplikasi Ralali.  Aplikasi ini salah satu market place yang sudah bekerjasama dengan pihak kecamatan membidangi kegiatan retail, misalnya Warsa seperti warung maka Ralali ini adalah grosirnya,” katanya.

“Soal harga dalam aplikasi Warsa, lebih murah dari harga pasaran, bahkan dengan pedagang sayur keliling pun bisa lebih murah. Pasalnya,  mendapatkan barang memang dari sumbernya,” ucapnya.

“Target dapur dari warsa ini adalah Fresh food, sementara ini di ambil dari pasar induk jakabaring, namun pengembangannya nanti seluruh produk yang ada di Warsa ini akan di produksi dan ditanam oleh masyarakat Kalidoni, seperti ikan lele, bawang cabe dan lainnya, atau yang kita sebut Urban Farming atau konsepnya mengajak bertani dengan sistem perkotaan,”  (Yanti)

Bagaimana Menurut Anda?