Bupati Garut Monitoring Infrastruktur Jalan di Kabupaten Garut

3.111 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, GARUT – Sepulangnya kunjungan kerja di Garut Selatan Selasa Malam, Hari ini Rabu 27 Januari 2021, Bupati Garut H Rudy Gunawan melakukan monitoring Infrastruktur di beberapa daerah di Garut Kota dan Garut Utara seperti di Jalan Cipanas Baru, Simpang Gobing, Margaluyu Leles dan di Jalan Baru Cangkuang.

Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah (IPW) BAPPEDA (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Kabupaten Garut, Wildan Ramdani,
mengatakan Kabupaten Garut mendapatkan bantuan keuangan dari Provinsi Jawa Barat sebesar 39 miliar rupiah untuk pembangunan Jalan Lingkar Cipanas.

Advertisement

” Ada beberapa hal terkait dengan pertama soal rencana pembangunan jalan lingkar cipanas yang merupakan bantuan keuangan dari Provinsi Jawa Barat sebesar 39 miliar saya kira itu proyek yang strategis ya,” ucap Wildan.

Ia menuturkan, dari hasil FGD (Forum Group Discussion), Bupati Garut telah mengarahkan dana agar jalan yang akan dibangun bisa fungsional.

” Karena kita baru mendapatkan bantuan sebesar 39 miliar rupiah dari kebutuhan hampir 70 miliaran. Pak Bupati sudah mengarahkan bagaimana 39 miliar tersebut kita bisa dioptimalkan agar jalan tersebut bisa fungsional,” ujarnya.

Ada beberapa poin dari pembangunan Jalan Lingkar Cipanas yang perlu diperhatikan, lanjutnya, seperti ada beberapa lahan yang harus dibebaskan agar jalan tersebut bisa fungsional pada tahun 2021 ini.

“ Dari jalan lingkar Cipanas ada beberapa poin memang terkait pertama soal beberapa lahan yang masih harus kita bebaskan terus juga terkait dengan jalan yang bersimpangan dengan lahan yang statusnya cagar alam,” ucapnya.

Setelah melakukan monitoring di Jalan Cipanas Baru, lanjut Kabid IPW, Bupati mengecek langsung Simpang Gobing yang seringkali terjadi banjir akibat luapan aliran drainase yang kurang dalam. Dalam hal ini, pihaknya akan membangun saluran air sepanjang 1 km.

” Sudah ada arahan sekitar 1 km itu kita membutuhkan pembangunan saluran hampir dua meter rencana salurannya dengan panjang hampir 1 km, mudah-mudahan itu bisa kita coba anggarkan di tahun 2022 dan itu menjadi salah satu proyek prioritas kita di tahun 2022,” lanjut Wildan

Kemudian, tambahnya, setelah mengecek Simpang Gobing, Bupati Garut mengecek langsung jalan alternatif yang menghubungkan ke Situ Cangkuang Leles. Diketahui, akan dibangun jalan alternatif agar akses ke Situ Cangkuang lebih mudah. “Mungkin sebelumnya kita gak kebayang jalan baru itu bisa menghubungkan ternyata langsung ke Cangkuang karena beban dari Jalan Provinsi yang Bandung Garut itu agak kesulitan akses mau ke Cangkuang melalui itu, jalannya kecil selalu macet dan bis juga agak sulit masuk nah dengan jalur ini jalannya lebih besar masuknya justru lebih dekat dari kadungora leles,” ucapnya.

Sementara itu dalam rapat forum bersama Dinas PUPR dan Tim Percepatan Pembangunan kabupaten Garut Bupati Rudy Gunawan, untuk memperhatikan kontruksi bangunan,jangan sampai jalan baru yang sudah ada kontruksi sangat tidak memuaskan.

” Tolong kualitas kontruksi bangunannya diperhatikan, jangan seperti yang sudah ada seperti jalan Lingkar Kadungora dan jalan Musadad kontruksinya amburadul” tegas Bupati Rudy.