Ketua HKTI Jabar Lantik Pengurus HKTI kabupaten Garut

5.916 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, GARUT – Setelah mengalami kekosongan hampir satu tahun, akhirnya ,Rabu 17 Maret 2021 ketua HKTI Jawa Barat yang juga  Bupati Garut H Rudy Gunawan melantik pengurus Himpunan Keluarga Tani Indonesia ( HKTI ) kabupaten Garut, pelantikan dilaksanakan di ruang Pameungkang Pendopo Garut.

Usai melantik ketua HKTI Jawa Barat Rudy Gunawan mengatakan, setelah tahun kemarin kepegurusan HKTI kabupaten Garut sempat Facum, maka hari ini setelah ada pembentukkan pengurus baru HKTI Garut kita lantik.

Advertisement

” Kebetulan pak Widi bersedia menjadi ketua atau relawan di HKTI” kata Bupati Garut.

Masih kata Rudy, HKTI ini bukan organisasi politik, ini merupakan lembaga yang tidak afiliasi dengan siapapun.

” Kita independen dan kita khusus yang ada hubungannya dengan advokasi petani, tidak ada sangkut paut dengan kepartaian, ini profesional petani” tegas Rudy.

Disampaikan Rudy, program HKTI saat ini adalah bagaimana penguatan – penguatan daya tawar dari institusi pertanian, mulai dari petani sampai budidayanya.

” Kita lakukan saat ini bisnis to bisnis, dengan kondisi mengajak petani untuk menjadi pebisnis, bisnis sekarang sudah bisa dilakukan secara online tidak lagi tradisional, star up lah” ungkapnya.

Imbuhnya, saat ini petani kita lebih pintar, mereka sudah mulai melakukan bisnis yang langsung secara online.

” Kita ngikut lah, ini hanya sebuah organisasi, mungkin kita memfasilitasi dengan membuat chanel link buat ekspor, untuk daya tambah, kan saat ini ada cost lux merupakan bagian yang tidak bisa dihindari, dimana ada pendana perbankkan, ada opteker yang membeli, budidaya petani, teknologi dan sebagainya” pungkas Rudy.

Sementara itu ketua terpilih Widiyana menyatakan, program pertama yang akan dilakukan HKTI Garut akan diselaraskan dengan misi visi HKTI, di mana keberadaan lembaga ini merupakan organisasi yang membela kesejahteraan petani.

” Dan kita merupakan mitra, sahabat dengan pemerintah daerah, oleh karena itu program pertama yang akan dilakukan dan dicanangkan adalah konsolidasi dengan pemerintah daerah, karena sudah Facum kita kordinasi dengan pemerintah daerah Cq dinas yang berhubungan dengan para petani atau pembudidaya, serta komunitas lain termasuk dengan para petani” kata Widi.

Kemudian lanjut Widi, HKTI akan mempersiapkan kegiatan hari jadi HKTI yang sekarang agenda nya berubah sebagaimana apa yang disampaikan ketua HKTI Jabar.

” Bahwa kita harus bisa mendorong petani Bisnis to Bisnis, kita menjadi chanel link atau mitra dari pada petani, ingin kita sampaikan juga pada susunan pengurus HKTI Garut ini datang dari berbagai unsur, kami berhasil menarik 2 profesional petani, petani milenial Fahrevi dan petani sukses asal Cibiuk” ucapnya.