Kordinator Pendamping PKH Bantah Dugaan Penyunatan Dana PKH

6.724 dibaca
Ketua Kordinator Pendamping PKH Kabupaten Pandeglang, Sulaeman Apandi.

BUANAINDONESIA.CO.ID,  PANDEGLANG – Ketua Kordinator Pendamping PKH Kabupaten Pandeglang, Sulaeman Apandi, membantah adanya dugaan penyunatan dana Program Keluarga Harapan (PKH) yang dicairkan langsung oleh keluarga penerima manpaat, pada Selasa, 30 Januari 2018.

Beredarnya dugaan tersebut, bahwa pendamping PKH Kecamatan Labuan melakukan ‘penyunatan’ atau pemotongan dana tersebut langsung dari penerima manpaat. Hal tersebut menjadi ramai dikalangan masyarakat di Kecamatan Labuan.

Advertisement

Sulaeman Apandi, Korkab PKH Pandeglang, menyatakan bahwa dia sudah melakukan ivestigasi terkait hal itu. Dari hasil investigasi yang dilakukan dengan mengunjungi langsung Kelurga Penerima Manfaat (KPM) bantuan PKH.

“Saya tidak temukan adanya penyunatan. Akan tetapi uang yang dikeluarkan oleh penerima PKH tersebut adalah untuk biaya sewa mobil yang dikoordinir oleh pendamping, dan KPM pun tidak semuanya mengganti biaya transportasi, karena ada yang cuma mendapatkan bantuan 1 tahap, sehingga iuran mobil pun bervariatif sesuai dengan keikhlasan masing-masing guna untuk menutupi biaya transportasi yang mendapat bantuan 1 tahap.” tutur Sulaiman Apandi.

“Dari hasil penelusuran saya terhadap penerima bantuan PKH,” lanjut Sulaiman. “bahwa isu penyunatan dana itu tidak benar, melainkan hanya sebatas iuran untuk ganti biaya transportasi ke Bank BTN Cilegon, dan besarannya pun berpariatif. Namun terlepas dari ikhlas atau tidaknya KPM dalam memberikan uang ke Pendamping.”

Selanjutnya Sulaeman Apandi menghimbau ke  Pendamping PKH Desa Teluk, agar segera mengembalikan uang KPM tersebut, jika ada yang kelebihan memberikan uang untuk biaya sewa transport.

Editor: NA