Menuju Garut Bertaqwa, Maju Dan Sejahtera, Ini Rencana Pemkab Garut

13.188 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, GARUT – Musyawarah Perencanaan Pembangunan Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah ( Musrembang RPJMD ) Tahun 2019 – 2024 diselenggarakan di Pendopo Garut, Kamis 25 April 2019.

Dalam sambutannya Bupati Garut H Rudy Gunawan mengatakan, Musrembang merupakan acara puncak, setelah sebelumnya kita melakukan konsultasi Publik, berbarengan dengan menyusun Kajian Lingkungan Hidup Strategis ( KLAS ) untuk melengkapi RPJMD.

” Saat ini KLAS sedang menunggu hasil validasi dari Pemprov Jawa Barat, harapan sebelum menyerahkan ke DPRD KLAS ini telah selesai sehingga bisa menjadi lampiran untuk diajukan kepada DPRD, sesuai menurut Undang – undang 90 hari setelah masa pelantikan”, kata Bupati Garut dalam sambutannya.

Selain itu sambung Bupati, Pemkab Garut sendiri telah melakukan Focus Group Discussion ( FGD ), baik dengan stakeholder maupun Pemprov Jawa Barat, serta kesepakatan awal bersama DPRD Garut sesuai dengan ketentuan mengenai rancangan awal RPJMD.

Masih kata Bupati Garut, kabupaten Garut saat ini memiliki rangking IPM ke 25 se Jawa Barat, laju pertumbuhan ekonomi kita tidak pernah melebihi laju ekonomi provinsi Jawa Barat kecuali tahun 2016 tahun lalu.

” Ini ada hal yang perlu kita perbaiki dan dikoreksi supaya laju ekonomi Konstan di angka yang diharapkan melebihi laju ekonomi Jawa Barat, tentu ini menjadi perhatian kita semua karena laju pertumbuhan ekonomi bisa menentukan berapa pendapatan dan pengeluaran perkapita kita di kabupaten Garut ini”, ungkapnya.

Sambung Bupati, perlu diketahui khusus pengeluaran perkapita kabupaten Garut saat ini Rp 20 ribu perorang / hari, satu nilai yang sangat kecil sekali bila dibandingkan dengan PDRB nasional yang sudah mencapai RP 56 juta, sementara PDRB Garut berkisar di RP 13 juta/ tahun.

” Untuk para SKPD dan Camat inilah persoalan kita yang harus diperhatikan, karena index – index yang menunjukan keseriusan kita untuk meningkatkan kesejahteraan kita masih terlalu jauh, saya berharap RPJMD kali ini menghasilkan gerakan besar dengan fokus mengerjakan yang efisien tetapi memiliki daya ungkit untuk meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat Garut”, harap Bupati.

Diakui Bupati Rudy Gunawan, program yang diharapkan menjadi Amazing Garut pada periode sebelumnya menjadi Amazong.

” Kalau saja saya dan Dr Helmi Budiman ditakdirkan tidak ditakdirkan Allah menjadi Bupati lagi, tentunya Bupati yang baru dibebani oleh kami dengan banyaknya pekerjaan yang belum tuntas, Jalan Lingkar Cipanas, Jalan Lingkar Kadungora, SOR dan Stadion belum selesai, Pasar, sekolah – sekolah yang rusak, serta bangunan – bangunan kantor pemerintahan yang belum memadai, juga kita belum mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Garut”, ucap Rudy Gunawan.

Bupati juga menyampaikan kepada seluruh masyarakat Garut bahwa tantangan – tantangan yang ada sekarang ini merupakan tantangan yang harus diatasi Pemkab Garut 5 tahun ke depan.

” Oleh karena itu, saat ini kita harus punya komitmen, komitmen itu adalah satu keseriusan kita untuk konsisten tentang politik anggaran, di mana program yang sudah direncanakan itu harus dapat dihasilkan oleh kegiatan – kegiatan yang ujungnya adalah mewujudkan masyarakat Garut yang Bertaqwa, Maju dan Sejahtera sesuai visi dan misi” tutur Rudy Gunawan.

Sambung Rudy Gunawan, untuk 5 tahun ke depan visi Bertaqwa dengan mewujudkan masyarakat berakhlak mulya, menjungjung nilai – nilai luhur agama dan budaya dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara berlandaskan Pancasila diindikasikan dengan adanya prilaku dan budaya dilingkungan masyarakat.

” Ini adalah perbuatan yang sangat mulya untuk saling mengingatkan, kita prihatin atas kejadian prilaku 19 anak – anak yang menyimpang akibat teknologi saat ini, ini bekerjaan besar bukan hanya slogan – slogan saja, tetapi harus ada langkah – langkah yang harus dilakukan dengan memanfaatkan sarana ibadah sebagai pusat peradaban dan akhlakul karimah warga masyarakat Garut” imbuhnya.

Sementara visi Maju menurut Bupati yaitu terwujudnya suatu kabupaten yang mampu menggali dan memanfaatkan serta mengelola segenap potensi sumber daya yang digunakan secara optimal untuk digunakan dalam proses pembangunan, sehingga masyarakat memiliki kemampuan dalam membangun stuktur ekonomi yang tangguh dan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi.

” Hal ini bisa terwujud dengan meningkatkan inprastuktur dengan melakukan kolaborasi anggaran pusat, provinsi dan daerah, agar bisa membuka akses ekonomi membangunkan lahan – lahan tidur sehingga hasil pertanian masyarakat bisa dapat lebih baik pemasarannya” lanjutnya.

Terakhir Bupati menyampaikan visi Sejahtera yaitu mewujudkan masyarakat yang sehat, cerdas dan produktif menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta mampu memainkan peranan fungsi obyek dan subyek dalam pembangunan yang berkelanjutan.

” Tingkat kesejahteraan itu selalu di ukur dengan pendapatan dan daya beli masyarakat, tentu daya beli kabupaten Garut sangat rendah sekali, ini memerlukan hal – hal yang konstruktif, kita harus berinovasi program – program apa yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat” pungkas Bupati.