MTQ KE 42 Tingkat Kabupaten Garut Resmi Di Buka Bupati Garut

4.539 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, GARUT – Uji dan wawasan Al quran dan seni kaligrafi Al quran yang dibalut dalam kegiatan Musabaqoh Tilawatil Quran ( MTQ ) ke XLII tingkat kabupaten Garut resmi digelar mulai tanggal 21 – 25 Oktober 2019 dengan dibuka langsung oleh Bupati Garut H Rudy Gunawan. Senin 21 Oktober 2019.

Turut hadir Danrem 062 Parwito, Kapolres Garut AKBP Dede Yudi Ferdiansyah, Dandim 0611 Letkol Inf Erwin Agung Teguh Wiyono Andrianto,  Asda I ( Panitia Pelaksana ) H Nurdin Yana, para kepala SKPB dan tamu undangan serta Kafilah dari 42 kecamatan se kabupaten Garut.

Dalam sambutannya Bupati Garut mengucapkan selamat datang kepada seluruh kafilah MTQ ke XLII tingkat Kabupaten Garut di kecamatan Garut Kota, serta mengajak kepada seluruh warga masyarakat Garut untuk bersama – sama mensukseskan digelarnya MTQ ke XLII tingkat kabupaten Garut ini.

” Saya ucapkan selamat datang di Kecamatan Garut Kota kepada seluruh kafilah MTQ Ke XLII tingkat Kabupaten Garut tahun 2019. Semoga suasana nyaman dapat memberikan dukungan pada setiap peserta untuk mengukir prestasi pada MTQ kali ini. Saya mengajak kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Garut untuk bersama-sama mensukseskan jalannya MTQ Ke XLII Tingkat Kabupaten Garut sebagai bagian dari usaha kita bersama menjunjung tinggi kemuliaan Al-Qur`an serta meningkatkan syiar Islam menuju Kabupaten Garut yang bermartabat, Nyaman dan sejahtera dalam upaya mewujudkan masyarakat Garut yang madani, agamis sejahtera dan berkeadilan dalam NKRI” kata Bupati Garut.

Selain itu menurut Bupati, kegiatan ini merupakan upaya untuk menjaga nilai-nilai Al-qur’an dan menumbuh kembangkan kebiasaan masyarakat Garut dalam membaca, memahami dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-qur’an.

Bupati juga menghimbau, kepada seluruh masyarakat Garut untuk mengikuti acara dengan baik dan khidmat sehingga dapat manfaat setelah acara selesai. Pada sisi lain bupati meminta agar para Dewan Hakim bisa berlaku adil dan objektif dalam memberikan penilaian sehingga memuaskan semua pihak.

“Saya meminta kepada seluruh peserta atau kafilah dapat bertanding secara Sportif dan motivasi tinggi sehingga kegiatan ini akan menghasilkan para juara dengan kualitas terbaik yang menjadi kebanggan masyarakat Garut”. Tambah Bupati.

Masih kata Bupati Rudy Gunawan, mari kita laksanakan seluruh kegiatan MTQ dengan dasar kecintaan terhadap Al-Qur`an. Semoga hati kita akan senantiasa dekat dengan Al-Qur`an sehingga seluruh aktivitas kehidupan kita berlandaskan nilai-nilai Al-Qur`an.

” Akhirnya kepada seluruh peserta, saya ucapkan selamat mengikuti setiap kegiatan MTQ mulai dari Tilawatil Qur`an, Tahfidz, Tafsir, Syarhil, Fahmil, Menulis Kandungan Ilmu Qur`an hingga Kaligrafi. Semoga Allah SWT mencatat kelurusan hati dan niat kita untuk menjaga kekhidmatan MTQ sebagai upaya memuliakan dan mengagungkan Al-Qur`an” ucapnya.

Ketua Panitia MTQ tingkat kabupaten Garut H Nurdin Yana memaparkan, bagi umat yang beriman terutama yang beragama Islam, Al-Qur’an merupakan pedoman hidup yang mencakup segala aspek kehidupan. Di bidang ilmu pengetahuan, Al-Qur’an memberi petunjuk agar manusia mengembangkan dan menggunakan akal sebagai kekuatan dalam mempelajari rahasia-rahasia alam semesta dan sumber daya alam semesta untuk kemaslahatan umat manusia.

” Pendidikan baik formal maupun informal di Indonesia ditujukan untuk membentuk manusia yang berkualitas, manusia yang berkualitas yang dimaksud adalah menusia yang yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian mulia, bekerja keras, tangguh, bertanggung jawab, mandiri, cerdas, terampil, sehat jasmani dan rohani. Al-Qur’an meruakan kitab suci yang penting bagi umat manusia karena dengan Al-Qur’anlah manusia itu mulia dan hidup sesuai dengan kefitrahannya. Hal ini sejalan dengan apa yang tersurat dan tersirat dalam Al-Qur’an” paparnya.

Dijelakan Nurdin Yana, Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) yang diselenggarakan saat ini tidak hanya sebatas suatu kegiatan seremonial rutin dan adu ketangkasan membaca Al-Qur’an di kalangan peserta MTQ, melainkan juga tuntutan untuk mengamalan isi kandungannya dalam kehdupan sehari-hari.

Pelaksanaan MTQ XLII Tingkat Kabupaten Garut Tahun 2019 ini terdiri dari 10 cabang lomba yang terdiri dari :
1. MTQ Anak-Anak dan Murottal
2. MTQ Remaja, Canet dan Sab’ah Murottal;
3. MTQ Dewasa dan Sab’ah Mujawwad;
4. MHQ 1 Juz, 5 Juz dan Tilawah;
5. MHQ 10 Juz, 20 Juz dan 30 Juz;
6. Tafsir Bahasa Arab, Indonesia dan Inggris;
7. Kaligrafi;
8. Fahmil Qur’an;
9. Syarhil Qur’an, dan
10. Musabaqah Makalah Al-Quran
” Dalam pelaksanaannya MTQ XLII Tingkat Kabupaten Garut Tahun 2019 ini dilaksanakan selama 5 (lima) hari mulai hari Senin sampai dengan Jum’at tanggal 21 sampai dengan 25 Oktober 2019 bertempat di Kecamatan Garut Kota, dengan peserta yang akan ikut dalam pelaksanaan MTQ ini terdiri dari khafilah-khafilah dari 42 Kecamatan berikut officialnya. Semoga kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XLII Tingat Kabupaten Garut Tahun 2019 nantinya akan menjadi ajang merajut Ukhuwah Islamiah dan menjadi momentum penting bagi perekat kebangsaan menuju Kabupaten Garut Unggul” pungkasnya.