Pemkab Garut Dan DPRD Sepakat Pembentukan Daerah Persiapan Garut Selatan

4.862 dibaca

Pemkab Garut Dan DPRD Se

BUANAINDONESIA.CO.ID, GARUT – Melalui Sidang Paripurna yang dilaksanakan Selasa 31 Desember 2019, Pemerintah Kabupaten Garut dan DPRD Garut menandatangani kesepakatan pembentukan daerah persiapan Garut Selatan.

Advertisement

Dikatakan Bupati Garut, keputusan ini merupakan hasil kerja seluruh stake holder yang ada, tokoh masyarakat, tokoh agama yang ada di 15 kecamatan dan 50 anggota dewan.

” Untuk itu atas nama Pemkab Garut saya mengucapkan terima kasih atas terbentuknya kesepakatan ini, terutama kepada 50 anggota dewan yang dengan sungguh – sungguh beserta pemerintah daerah mempersiapkan pembentukan kabupaten Garut Selatan sesuai dengan ketentuan yng berlaku” kata Bupati H Rudy Gunawan.

Lanjut Bupati, berkenaan dengan keputusan yang telah ditetapkan oleh DPRD dan Pemkab Garut terkait pembentukan daerah persiapan Garut Selatan diantaranya 15 kecamatan yang akan mencakup kabupaten Garut Selatan 129 desa, bantuan keuangan dan penyerahan aset Pemkab Garut yang ada di wilayah Garut Selatan.

” Diantaranya¬† cakupan wilayah pada daerah persiapan Kabupaten Garut Selatan meliputi 15 kecamatan. Yaitu Kecamatan Banjarwangi, Bungbulang, Caringin, Cibalong, Cihurip, Cikelet, Cisewu, Cisompet, Mekarmukti, Pakenjeng, Pamulihan, Pamengpeuk, Pendeuy, Singajaya dan Talegong. Seluruhnya terdiri dari 129 desa, dengan pusat kabupaten di kecamatan Mekarmukti” paparnya.

Masih kata Bupati, dukungan Pemkab Garut untuk persiapan daerah Garut Selatan selain aset – aset Pemkab Garut yang ada disana, juga membantu dalam bentuk anggaran dana sebesar Rp. 15 Milyar/ tahun selama 3 tahun berturut – turut.

” Sedangkan aset – aset Pemkab Garut yang nilainya sekitar kurang lebih Rp. 850 Milyar yng berada di 15 wilayah kecamatan akan kita serahkan berikut dokumen – dokumen lainnya” pungkas Rudy Gunawan.