Pemkab Garut, Siap Anggarkan Bagi Bantuan Longsor Cilawu

1.853 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, GARUT – Pemerintah Kabupaten Garut menyiapkan anggaran bagi relokasi dan bantuan korban longsor yang terjadi di kampung Cipager desa Karyamukti kecamatan Cilawu kabupaten Garut.

” Kami akan menyiapkan anggaran kurang lebih 8 miliar untuk membantu korban longsor Cilawu, bantuan itu disiapkan untuk merelokasi tempat tinggal korban ke tempat yang lebih aman” kata Bupati Garut usia mengikuti Rapat Paripuran DPRD Garut, Selasa 16 Februari 2021.

Advertisement

Dikatakan Rudy Gunawan, pihaknya menunggu hasil kajian dan laporan di lapangan paling lambat 14 hari dari hari ini, sebelum menentukan berapa tempat tinggal yang harus di relokasi.

” Nanti Wakil Bupati yang akan memimpin langsung evakuasi korban, kami juga telah mengirimkan surat ke badan meteologi untuk melakukan pemetaan, pematokan daerah merah, untuk nantinya akan kita lakukan evakuasi di daerah merah dan dilakukan bedol desa, saya intruksikan untuk berkordinasi dengan kepala desa dan tokoh masyarakat disana, karena untuk merelokasi warga tidak mudah harus ada kesepakatan bersama terlebih dahulu ” terang Bupati Rudy.

Sambungnya, dalam waktu singkat Pemkab akan menyiapkan dana untuk pembelian tanah yang diperlukan kurang lebih 1 Ha .

” Mungkin hari ini kalau sudah ada kepastian dari tim evaluasi tanah itu bisa langsung kita beli, kami juga belum bisa menentukan berapa KK yang harus direlokasi, makanya kita menunggu hasil penyelidikan dari badan Meteologi , kami menunggu hasil ahlinya saja” paparnya.

Untuk anggaran yang disiapkan lanjuynya, Pemkab Garut telah siap menyediakan anggaran sebesar Rp. 8 miliar.

” Ini juga tidak mudah untuk memindahkan orang, perlu ada kesepakatan bersama antara Pemkab Garut dan warga, kami juga ingin melakukan langkah cepat seperti rumah yang kita bangun di Talegong” Talegong” pungkasnya