Rohingnya, Ormas Islam Sukabumi Pinta Ini

9.398 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, SUKABUMI – Ratusan massa yang tergabung dalam Presedium aliansi Ormas Islam Sukabumi, Jawa Barat datangi gedung DPRD Kota Sukabumi dalam rangka menggelar aksi solidaritas terkait kekerasan yang menimpa etnis Rohingnya, Myanmar.

Dalam aksinya Presidium Ormas Islam Sukabumi menuntut agar kekerasan terhadap Rohingnya dihentikan serta mendesak agar pelaku genosida di Rohingya diajukan ke Mahkamah Internasional, sebagai kejahatan kemanusiaan, usir Dubes Myanmar dan cabut nobel perdamaian Aung San Suu Kyiselasa, 05 September 2017.

Advertisement

Ketua Presidium Aliansi Ormas Islam Sukabumi, Fathurrahman menyerukan agar masyarakat Indonesia, berdoa bersama dan menyatakan sikapnya mendesak pemerintah mengusir duta besar Myanmar.

” Kami menyerukan kepada seluruh kaum muslimin untuk membaca doa qunut nazilah memanjatkan doa khusus untuk saudara di Rohingnya yang sedang didzalimi,” Ucapnya.

Lanjut, Fathurrahman, Pemerintah Indonesia harus mendesak pemerintahan Myanmar agar menghentikan, kekerasan terhadap etnis Rohingnya, serta menghentikan hubungan diplomatik dengan Myanmar. Selain itu massa meminta pemerintah juga diminta mengirimkan pasukan Garuda ke Myanmar dalam aksi kemanusiaan.

” Kami juga meminta pelaku genosida dan pembantaian di Rohingnya, diajukan ke Mahkamah Internasional, dan pelakunya dihukum, sebagai pelaku kejahatan Internasional,” tegasnya.

Khusus untuk DPRD Kota Sukabumi, kata Fathurrahman, umat muslim Sukabumi berharap aspirasi dan pernyataan sikap ini diteruskan ke DPR RI.

” Harapan kami, pemerintah Indonesia melakukan langkah responsif untuk menghentikan pembantaian etnis Rohingnya Myanmar,” tandasnya.

Sementara itu, Walikota Sukabumi. H. Muraz yang didampingi Ketua DPRD Kota Sukabumi, Setda serta Kapolesta Sukabumi kota mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Ormas Islam Sukabumi yang tergabung dalam Aliasi Ormas Islam Sukabumi yang telah menyampaikan pernyataan sikap terhadap Pemerintah Daerah untuk disampaikan ke Pemerintah Pusat mau Ke DPR RI.

” Insya Allah, saya dukung solidaritas, pernyataan sikap Aliansi Ormas Islam Sukabumi, dan secepatnya akan kami sampaikan kepada Pemerintah pusat dan DPR RI agar segera mungkin, untuk di tindaklanjuti pemerintah pusat.” ungkapnya.

Muraz menambahkan pemerintah daerah Sukabumi akan menyumbangkan dana untuk para pengungsi Rohingnya

”  Pemerintah daerah pun akan menyumbangkan dana melalui Dinsos untuk disumbangkan kepada penduduk Rohingnya yang sedang dilanda konplik.” Ujarnya.