Sekda Garut Buka Resmi Bimtek Penyusunan Peta Proses Bisnis Pemerintah Kabupaten Garut

4.165 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, GARUT – Pemerintah Kabupaten Garut, Rabu 15 Juli.2020, menyelenggarakan Bimtek (Bimbingan Teknis) Penyusunan Peta Proses Bisnis Pemerintah Kabupaten Garut Tahun 2019-2024. Bimtek dibuka secara resmi oleh Penjabat Sekda, Zat Zat Munazat, di Hotel Fave, Jl. Cimanuk No.338, Kelurahan Sukagalih, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut.

Menurut Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Garut, Budi Dermawan, bertujuan agar organisasi perangkat daerah memiliki acuan guna melaksanakan visi, misi, tujuan dan strategi organisasi.

Advertisement

Dengan bimtek ini, imbuhnya, peserta mampu melaksanakan tugas-tugas dan fungsi secara efektif dan efisien. Diharapkan peserta mudah mengkomunikasikan, baik kepada pihak internal maupun eksternal mengenai proses bisnis yang dilakukan untuk mencapai visi, misi dan tujuan.

Bimtek ini, sebut Budi, akan dasar pengambilan keputusan strategis terkait pengembangan organisasi dan sumber daya manusia serta penilaian kinerja.

Penjabat Sekda, Zat Zat Munazat, saat membacakan sambutan Bupati Garut, menjelaskan, kegiatan ini merupakan wujud dari upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Garut meningkatkan kualitas kinerja tiap-tiap unit organisasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Garut
untuk memenuhi harapan masyarakat mengenai pelayanan publik yang semakin prima.

Untuk itu, pembahasan materi dalam kegiatan bimtek ini merupakan acuan bagi setiap unit kerja guna menyusun peta proses bisnis di lingkungan Pemerintah Kabupaten Garut melaksanakan visi, misi, tujuan, dan strategi organisasi, penyusunan proses bisnis ini perlu segera dilakukan untuk mencapai target kinerja yang telah dituangkan dalam RPJMD Kabupaten Garut.

” Oleh karena itu, Penyusunan Proses Bisnis harus menjadi perhatian utama bagi kita semua, perangkat daerah lingkungan Pemerintah Kabupaten Garut demi tercapainya visi, misi, RPJMD Kabupaten Garut,” kata Bupati.

Proses bisnis ini juga, imbuhnya, jangan hanya dimaknai sebagai dokumen kelengkapan dalam penilaian implementasi SAKIP, tapi merupakan sebuah langkah strategis menuju ”Garut Maju, Bertaqwa dan Sejahtera”.

Peserta Bimtek ini adalah para pejabat yang menangani perencanaan dan evlap, berlangsung selama dua hari (15-16 Juli), dengan tenaga pengajar dari Deputi Kelembagaan dan Tata Laksana Kemenpan RB.