Story Telling Menumbuhkan Bercerita dan Membaca Kepada Anak

9.483 dibaca
Panitia Story telling Dinas DKPD Kota Banjar saat memberi sambutan. (BUANA INDONESIA NETWORK/ Dede Gumilar)


BUANAINDONESIA.CO.ID, KOTA BANJAR – Untuk menumbuhkan gemar membaca pada masyarakat dan anak- anak. Dinas Kearsipan Perpustakaan Daerah (DKPD) Kota Banjar menggelar kegiatan lomba story telling anak tingkat Kota Banjar, untuk mencari bakat anak yang akan mewakili Kota Banjar dalam perlombaan story telling ditingkat Provinsi. Lomba strory telling ini digelar di halaman kantor DKPD Kota Banjar, Selasa 17 April 2018.

Acara tahunan ini diikuti oleh 19 peserta dari seleksi setiap UPTD Pendidikan Se-Kota Banjar dari berbagai sekolah dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kota Banjar. Acara dibuka oleh Asisten Daerah II Agus Eka Sumpena, serta dihadiri oleh para pejabat kota Banjar seperti Kadis dan Sekdis se-Kota Banjar.

Advertisement

Menurut Drs. H. Obang Subarman Ms.i Kepala Dinas DKPD Kota Banjar mengungkapkan, acara tahunan ini untuk menumbuhkan bercerita kepada anak, acara story telling ini mengambil tema ” menumbuhkan gemar membaca dan kecintaan terhadap budaya lokal” bertujuan agar minat baca anak pada buku mulai digemari. Story telling ini untuk menumbuhkan literasi, membaca, dan bercerita. Perlombaan ini nantinya akan diambil juara satu, dua, dan tiga dengan hadia tropi dan uang pembinaan, sedangkan untuk juara satu akan mewakili kota banjar di lomba tingkat provinsi jawa barat.

“Acara ini mempunyai tujuan menumbuhkan minat baca dan gemar membaca kepada para anak-anak, serta memperkenalkan perpustakaan kepada warga banjar,” terang Obang kepada Buana Indonesia Network.

Lanjutnya, menindak lanjuti gerakan membaca nasional oleh Presiden untuk meningkatkan pelayanan kualitas perpustakaan dan budaya baca pada masyarakat. Tak hanya itu dengan perkembangan jaman teknologi banyak anak – anak yang menggunakan gadget dan smartphone, sementara membaca buku mulai tidak digemari.