Agung Suryamal : Manajemen Dan Akses Pasar Masih Jadi Masalah Utama Pengusaha Muda

10.171 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID , BANDUNG- Ketua Kadin Jawa Barat Agung Suryamal mengakui bahwasanya permodalan merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi oleh para pengusaha pemula, selain dua masalah lainnya yaitu  manajemen dan akses pasar, namun menurut Agung hal utama yang harus dimiliki dimiliki oleh pelaku usaha dalam berbisnis adalah kepercayaan, dirinya menjelaskan jika seorang pebisnis telah memiliki hal tersebut maka modal akan mengikuti dengan sendirinya.

“Nah yang penting tadi di sampaikan dalam forum ini bahwa temen-temen pelaku usaha ini terutama harus membangun kepercayaan dalam berbisnis, karena kalo orang sudah percaya modal itu bisa ngikutin,” ujar Agung di temui seusai mengisi sebuah acara di salah satu cafe di Bandung tadi malam senin, 5 februari 2018.

Advertisement

Agung memaparkan program pemerintah mengenai akses modal, dapat mendukung pengusaha pemula dan menjadi jalan keluar bagi pengusaha pemula dalam permodalan, selain itu menurutnya saat ini perbankan banyak melakukan terobosan terkait permodalan, sehingga dapat dijadikan peluang bagi pelaku usaha.

“Nah saya kira dengan adanya beberapa program pemerintah mengenai akses modal ini saya kira ini bisa yah mendukung atau salah satu jalan keluar bagi para pengusaha, dan sekarang juga perbankan juga kan banyak melakukan terobosan-terobosan dengan beberapa instrumen nah itu juga salah satu peluang untuk para pelaku usaha,” Papar Agung.

Agung juga berpendapat sikap pemerintah saat ini cukup tanggap terkait dengan permasalahan yang dihadapi oleh pelaku usaha, dimana menurutnya saat ini pemerintah telah memiliki program terkait hal tersebut.

“Saya kira pemerintah sekarang memiliki beberapa program yang dilakukan, dan mereka sudah tanggaplah tentang masalah yang dihadapi oleh semua pengusaha,” ungkapnya.

Penulis : Dinni Kamilani