Bersama Bupati Garut, Kepala BNPB Pusat Turun Ke Lokasi Bencana Garut Selatan

3.978 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, GARUT – Bencana alam yang terjadi di Garut bagian Selatan kabupaten Garut mendapat perhatian dari berbagai kalangan termasuk dari Pemerintah pusat, provinsi dan daerah, hari ini Pemerintah Kabupaten Garut menerima kunjungan Kepala Badan Nasional Penanggulang Bencana ( BNPB ) Letnan Jendreral TNI Doni Murtado beserta rombongan yang diterima oleh Bupati Garut H Rudy Gunawan. Kamis 15 Oktober 2020.

Selain kunjungan kerja, Kepala BNPB beserta rombongan dengan didampingi Bupati Garut melihat langsung ke tempat – tempat wilayah terjadinya bencana Banjir Bandang, Longsor dan pergerakan tanah di wilayah Garut bagian Selatan.

Advertisement

Ketua BNPB Lenjen Doni mengatakan, pihaknya sengaja datang meninjau langsung lokasi bencana untuk mengetahui sejauh mana dampak bencana yang terjadi kemarin.

” Kami menerima laporan atas bencana yang terjadi di Garut bagian Selatan dimana 154 rumah rusak berat, 217 rusak sedang dan 628 rusak ringan ditambah fasilitas lainnya sekolah, rumah ibadah, jembatan dan jalan yang terputus, masyarakat yang terdampak memang cukup banyak, tetapi mereka hanya sementara saja di tempat pengungsian dan sudah kembali, sehingga apa yang kita kuatirkan dengan penangganan penularan Covid 19 mudah – mudahan tidak terjadi di sini” kata Ketua BNPB Doni Murtado.

Sambung Doni, ada hal cukup membuat optimis dalam menghadapi bencana, adalah ketangguhan masyarakat.

” Masyarakat semakin terbiasa dan terlatih, terbukti pada tanggal 11 dan 12 Oktober dini hari masyarakat sudah siaga, mereka saling berbagi informasi mulai dari hulu dan hilir untuk mengantisipasi turunnya air bah, sehingga sewaktu air itu melanda sejumlah desa , masyarakat sudah aman berada di tempat – tempat yang telah disiapkan oleh pemerintah daerah, kita berharap apa yang terjadi di Garut ini juga bisa diikuti oleh daerah – daerah lain untuk mengikuti informasi yang diberikan BMKG, mencermati sehingga masyarakat sudah siap ketika banjir akan melanda dan sudah berada di tempat aman” papar Doni.

Sementara itu Bupati Garut H Rudy Gunawan berterima kasih kepada pemerintah pusat yang telah memberikan perhatian penuh atas bencana alam yang terjadi di kabupaten Garut dengan kedatangan langsung Kepala BNPB Pusat Lenjen TNI Doni Murtado.

” Tentu saya merasa gembira menerima arahan langsung dari ketua BNPB Letjen Doni Murtado dalam rangka memberikan arahan mitigasi sekaligus bagaimana kita melakukan rekontruksi pasca bencana” ungkap Bupati Garut.

Disampaikan Bupati Rudy, Garut merupakan daerah yang memiliki tingkat bencana lengkap mulai dari tsunami, longsor, pergerakan tanah, gunung berapi dan banjir bandang.

” Kami akan terus belajar dan memberi pemahaman kepada masyarakat, dan tentunya sesuai dengan bimbingan dari BNPB yang begitu berharga terkait mitigasi bencana ” ucapnya.

Rudy juga menyampaikan, bencana yang terjadi saat ini menyentuh 8 kecamatan yang ada di Garut bagian Selatan, yang luasnya hampir 1500 Km persegi terdampak banjir bandang, longsor dan pergerakan tanah.

” Alhamdulillah dari kejadian semua ini tidak ada korban jiwa satu orang pun, ini semua akibat dari kesigapan masyarakat yang telah terlatih dengan Desa Tangguh Bencana, tentu ini akan kita kembangkan terus”pungkasnya.
dimana desa tanggap bencana

Guna merekontruksi rumah – rumah warga yang rusak, Pemerintah pusat melalui BNPB akan memberikan bantuan perbaikan rumah dengan nilai disesuaikan kerusakannya.