Cabut Gugatan ke KPU Provinsi, PKPI Akan Gugat KPU Pusat

6.829 dibaca
Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) mencabut gugatannya terhadap KPU (Komisi Pemilihan Umum) Provinsi Jawa barat, selanjutnya PKPU akan melanjutkan gugatannya ke KPU Pusat. Senin, 19 Februari 2018

BUANAINDONESIA.CO.ID, BANDUNG- Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) mencabut gugatannya terhadap KPU (Komisi Pemilihan Umum) Provinsi Jawa barat, selanjutnya PKPI akan melanjutkan gugatannya ke KPU Pusat.

“Terdapat juga dua provinsi yang sama-sama dinyatakan tidak memenuhi syarat, sehubungan apa yang terjadi di Jawa Barat itu menjadi bagian yang juga terjadi di provinsi yang lain. Maka dewan pimpinan nasional menganggap hal tersebut menjadi landasan untuk dijadikan gugatan secara nasional,” tutur Iman Budiana selaku sekertaris DPP PKPI Jawa Barat, Senin, 19 Februari 2018.

Sebelumnya, PKPI telah melakukan mediasi pada kamis pekan lalu. Dalam gugatan tersebut mengacu pada keputusan pleno KPU Jawa Barat yang menyatakan terdapat beberapa Dewan Pimpinan Kabupaten atau Kota PKPI di ProvinsiJawa Barat yang tidak memenuhi syarat.

“Nah di sisi lain, kami memiliki bukti yang cukup, dimana bukti tersebut berupa putusan -putusan pleno di tingat KPUD di kabupaten atau kota yang menyatakan tidak sesuai jumlah yang dinyatakan dalam pleno KPU Jawa Barat,” tambah Iman.

Selain itu, Iman juga menjelaskan dalam proses mediasi di minggu lalu, di dalam pleno itu telah mendapatkan kesepakatan, dan dilanjutkan sidang ajudikasi pada hari ini, senin, 19 Februari 2018. Akan tetapi mengacu pada putusan KPU Pusat, PKPI merasa begitu terpukul dengan pernyataan yang ditayangkan secara live di televisi nasional, dimana PKPI dinyatakan tidak memenuhi syarat di 21 kabupaten.

“Atas keputusan tersebut, maka kami telah melaksanakan Rapat Pimpinan di Jakarta malam tadi. Akhirnya proses ini dilanjutkan sebagai bersengketaan yang diajukam gugatannya melalui dewan lingkup Nasional,” pungkap Iman.

Editor: NA