Demi Pemerataan Ekonomi, Bumdes dan PT Sarinah Membuat Desa Mart

13.938 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, GARUT-Bupati Garut Rudi Gunawan, menghadiri sekaligus menyaksikan launching Desa Mart Bumdes Sindanggalih yang bekerja sama dengan PT Sarinah di bawah naungan Kementerian Koperasi Republik Indonesia di Bumbesa Sindanggalin, Kecamatan Karangtengah, Senin,12 Februari 2018.

Dalam sambutannya, Rudi Gunawan menuturkan terdapat lebih dari 3 juta jiwa penduduk yang tersebar di 421 desa, yang artinya sudah ada 421 Bumdes yang tersebar di 42 kecamatan di Kabupaten Garut.

Selain itu, Rudi Gunawan juga menyampaikan rasa syukurnya atas kehadiran Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa selaku direktur utama PT Sarinah.

“Dengan hadirnya beliau telah menandai terjalinnya kerjasama dengan bumdes membangun Desa Mart, yang dengan itu telah memberikan kesempatan bagi setiap desa untuk mendapat bantuan pasokan bahan pangan dengan harga yang lebih terjangkau,” tutur Rudy.

Di lokasi yang sama, dalam sambutannya, Direktur Utama PT Sarinah, Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian PTnSarinah terhadap pertumbuhan perekonomian masyarakat di daerah.

” PT Sarinah sebagai salah satu BUMN (Badan Usaha Milik Negara) berkeinginan untuk merealisasikan kesetaraan perekonomian bagi masyarakat di daerah dengan memberikan kesempatan bagi mereka yang hendak mengembangkan usaha ritel dengan cara memasok produk-produk kebutuhan pangan,” ujar Sugiarto Yasa.

Sugiarto menambahkan, untuk saat ini program ini akan dilaksanakan di lebih dari 100 desa yang ada di Kabupaten Garut.

“Dan ini program pertama kami yang dilaksanakan bersama Bumdes,” tambah dia.

Sementara itu Asisten Deputi Perekonomian Dalam Negeri (Kemenfo RI), Moch. Edy Yusuf menyampaikan bahwa pemerintah punya kebijakan pemerataan ekonomi, salah satunya dengan mendorong kegiatan di sektor ritel yang dilaksanakan di setiap daerah.

Editor: NA