Kantor Bawaslu Pandeglang Di Geruduk Masa Aksi

3.794 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID Pandeglang – Puluhan massa aksi yang terhimpun dalam Aktivis Peduli Demokrasi menggelar unjuk rasa di depan Sekretariat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pandeglang, Senin 29 April 19. Dalam aksinya massa meminta dan mendesak kepada Bawaslu agar segera melakukan proses hukum lebih lanjut terhadap para pelanggar pemilu, terutama pelanggaran yang terjadi di wilayah Kecamatan Sobang.

Korlap Aksi Ujang Tersina mengatakan, kedatangannya dengan tim peduli pemilu jurdil tersebut untuk menyuarakan apa yang mereka temukan di Kecamatan Sobang soal pelanggaran pemilu, bahwa telah terjadi pelanggaran, akan tetapi pihak Bawaslu mengatakan itu bukan unsur pidana.

” Saya kesini berdasarkan yang saya tahu, bahwa itu betul telah terjadi, tapi bawaslu tiba – tiba mengatakan bahwa ini tidak masuk unsur pidana, maka saya kesini mau menyuarakan apa yang saya tahu di lapangan” paparnya.

Ujang Tursina mengungkapkan, ketidak puasannya terhadap keputusan Bawaslu setelah berdiskusi dengan pihaknya, akan tetapi mereka meminta kepada Bawaslu untuk memanggil Camat Kecamatan Sobang yang di duga melakukan kecurangan pada pemilu 2019.

” Saya tidak puas dengan hasil diskusi tadi, karena Saya punya keyakinan bahwa ini money politik, Saya tetap minta ke Bawaslu untuk memanggil Camat Sobang terlebih dahulu, Dr. Subro Mulisi, hanya itu” Tegasnya.

Menyikapi hal tersebut, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pandeglang, Ade Mulyadi, bahwa pihaknya tadi sudah memberi ruang kepada massa aksi untuk berdiskusi. Dalam kesempatan tersebut, Bawaslu yang didampingi tim Gakumdu menjabarkan secara detail terkait aturan yang mengatur tentang penanganan dugaan tindak pidana pemilu yang saat ini sedang dipersoalkan.

” Iya dalam pertemuan tadi kami kembali menjelaskan kaitan dengan aturan yang ada, dan berdasarkan hasil kajian Bawaslu dan Gakumdu bahwa dugaan pelanggaran tersebut tidak memenuhi unsur – unsur pelanggaran, itu berdasarkan hasil kajian bersama”tandasnya.

Setelah melakukan Orasi dan berdiskusi dengan Bawaslu masa aksi membubarkan diri dengan tertib di bawah pengawalan ketat oleh anggota Kepolisis Polres Pandeglang Yang pengamanannya di Pimpin langsung oleh Kapolres Pandeglang AKBP Indra Lutrianto Amstono.