Mahasiswa Pertanyaan Netralitas Plt Walikota Banjar

7.297 dibaca
Plt (Pelaksa Tugas) Walikota banjar, Darmadji Prawira Setia.

BUANAINDONESIA.CO.ID, BANJAR – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Forum Keluarga Mahasiswa (FKM) Kota Banjar Jawa Barat, mempertanyakan netralitas Plt (Pelaksa Tugas) Walikota banjar yang akan di gantikan oleh Wakil Walikota Banjar, Darmadji Prawira Setia.

Puluhan mahasiswa menuntut kepada pemerintah Kota Banjar untuk mengirimkan surat Kemendagri Gubernur Jawa Barat dan Bawaslu RI terkait Plt Walikota Banjar. Plt Walikota Banjar diisi oleh pejebat pimpinan tinggi pratama dari Pemprov Jabar atau Kemendagri, sesuai dengan ketentuan permendagri nomer 74 tahun 2016 tentang cuti gubernur atau wakil gubernur, bupati atau wakil bupati, walikota atau wakil walikota di luar tanggungan negara.

Advertisement

Mahasiswa meminta kepada Kemendagri dan Gubernur untuk mempertimbangkan Wakil Walikota Banjar menjadi Plt Wali Kota, karena para mahasiawa itu menilai yang bersangkutan secara etik dan moral tidak layak karena tidak netral.

Irvan Ali Syabana, presidium FKM Kota Banjar menuturkan, mahasiswa mempertanyakan netralitas Plt Walikota Banjar yang akan digantikan oleh Wakil Walikota Banjar. FKM Kota Banjar sudah mengirim pengaduan ke Kemendagri dan Gubernur pada pekan yang lalu.

“Kami sertakan bukti-bukti ketidaknetralan Wakil Walikota, baik secara terbuka maupun melalui media sosial,” ucap Irvan.

Mahasiswa berharap Pilkada Banjar berjalan aman, kondusif dan melahirkan pemimpin yang sesuai harapan masyarakat.

Penulis: Dede Gumilar
Editor: NA