Menjelang Pilkada, Polda Jabar Kunjungi Polres Cimahi

7.363 dibaca
Kapolda Jawa barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto menyampaikan kunjungan kerja terkait menjelang Pilkada, Rabu, 28 Maret 2018. ( BUANA INDONESIA NETWORK / M Rizky Fauzi ).

BUANAINDONESIA.CO.ID, CIMAHI – Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengunjungi Polres Kota Cimahi terkait Pilkada serentak 2018 nanti, Rabu, 28 Maret 2018.

Advertisement

“Ini kunjungan karena di Polres Cimahi ini kan ada pilkadanya. Kabupaten Bandung Barat semua sudah hampir saya datengi. Minggu depan yang jalur selatan Banjar, Pangandaran, Ciamis, Tasik Kabupaten,” papar Agung.

Dalam kunjungan tersebut, Kapolda Jabar ingin menyamakan pandangan, bahwa pesta demokrasi harus membuat masyarakat senang, bukan malah dibuat susah. Dengan terjadi berita-berita hoaks, bisa membuat masyarakat resah. Namun pihak Kepolisian sudah mengungkap sehingga masyarakat bisa nyaman, sehingga pesta demokrasi tersebut perlu pengawalan dari kepolisian agar tetap aman.

“Tiga prasyarat minimal harus aman dan nyaman. Yang pertama tingkat partisipasi masyarakat harus tinggi untuk mencoblos itu, yang kedua sebagai penyelenggara KPUD harus netral, wasitnya pun Banwaslu harus netral, TNI dan Polri juga sama harus netral sehingga tahapan-tahapan Pilkada berjalan sesuai rencana dan aman. Polisi konsentrasinya mengamankan dan mengawal, jadi harus netral,” lanjutnya.

Tidak ada wiliyah prioritas, karena setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing, oleh karena itu Polda Jabar dalam menjalankan tugasnya dibantu oleh Kodam dengan menurunkan 2700 personil untuk disebar saat menjelang Pilkada.

“Setiap wilayah karakteristiknya beda-beda, maka Polda dibantu Kodam 2700 personil atau 27 SSK lagi menjelang pungut suara tersebar di Kabupaten atau Kota. Insyaallah saya percaya masyarakat Jawa Barat sangat santun, religius dan semakin cerdas,” tutup Agung.

Editor : NA