Netty : Kuota Perempuan Di Legislatif Masih Belum Merata

7.550 dibaca
Netty Prasetyani memberikan pendidikan politik pada ratusan kader PKS Subang di kantor DPC Subang, Kamis, 15 Maret 2018 (BUANA INDONESIA NETWORK/ Ahmad Ripai)

BUANAINDONESIA.CO.ID, SUBANG – Kiprah kaum wanita dalam kancah politik masih harus ditingkatkan, baik dalam kepemimpinan maupun dalam partisipasi sebagai pemilih. Hal tersebut diungkapkan oleh salah satu tokoh pemimpin wanita Jawa Barat, Netty Prasetyani, dalam pertemuannya dengan kader perempuan PKS di kantor DPD PKS Subang, Kamis, 15 Maret 2018. 

Netty menyatakan, keterlibatan perempuan dalam dunia politik masih harus ditingkatkan, perempuan juga harus minimal melek politik.

“Maka dari itu, upaya pendidikan politik terhadap warga masyarakat terutama perempuan terus dilakukan. Minimal mereka harus melek politik agar bisa memilih calon pemimpin yang bagus. Jangan sampai salah pilih, karena akan berdampak kepada memajuan daerah, misalnya dalam konteks pilkada,” kata Netty usai menggelar acara.

Netty menyebutkan, salah satu tantangan besar yang dihadapi dalam peningkatan keterlibatan perempuan dalam ajang politik adalah adanya oknum pemimpin wanita yang tidak amanah dan terbukti terjerat perkara hukum.

“Ketika berperan sebagai pemilih, perempuan harus melek dalam arti berwawasan untuk memilih calon pemimpin yang baik. Saat menjadi pemimpin, perempuan pun sama, harus bisa mengemban amanat. Lalai dalam mengemban amanat ini mengakibatkan menurunnya kepercayaan terhadap calon pemimpin perempuan,” lanjutnya.

Menurut Netty, merosotnya kepercayaan terhadap pemimpin perempuan apakah itu di legislatif atau eksekutif, membuat upaya pemenuhan kuota perempuan dalam lembaga seperti legislatif akan semakin berat.

“Pemenuhan 30 persen kuota perempuan yang duduk di kursi legislatif hingga kini belum merata. Maka itu, saya mengajak semua perempuan agar ikut menyumbang suara sebagai pemilih dan bagi calon pemimpin, ayo bangun pemerintahan dan perwakilan rakyat yang bersih dari kecurangan,” seru Netty.

Pada Pileg 2019 nanti, Netty mengungkapkan bahwa PKS akan mencalonkan dirinya untuk maju menjadi caleg DPR RI.

“Ya Insya Allah saya dicalonkan DPR RI pileg nanti,” ungkapnya.