Perkenalkan Olahraga Budaya, Pemkab Garut Gelar Invitasi Olahraga Tradisonal

2.584 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, GARUT – Bupati Garut H Rudy Gunawan membuka langsung kegiatan Invitasi Olahraga Tradisional Tingkat SD/ Sederajat Se Kabupaten Garut yang dilaksanakan di Sarana Olahraga ( SOR ) bela diri Ciateul kecamatan Tarogong Kidul yang digelar selama 2 hari mulai tanggal 06-07 November 2019.

Dalam sambutannya Bupati Garut, mengingatkan bahwa olahraga tradisonal merupakan salah satu budaya yang patut untuk dilestarikan dan dikenalkan kepada anak – anak usia dini.

” Untuk itu dengan digelarnya turnamen pertandingan olahraga tradisonal ini diharapkan dapat menumbuhkan kembali kecintaan anak – anak terhadap budaya di bidang olahraga” kata Bupati Rudy Gunawan.

Disampaikan Bupati, tahun depan Pemkab Garut akan lebih meningkatkan lagi anggaran uang pembinaan sebagai hadiah bagi atlit – atlit juara dalam kegiatan olahraga tradisional ini.

” Saat ini panitia menyediakan hadiah uang pembinaan sebesar Rp. 18 juta, tahun depan saya akan anggarkan paling tidak Rp. 50 juta” janji Rudy.

Sementara itu dalam laporannya Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) kabupaten Garut H Kuswendi menyampaikan Invitasi Olahraga Tradisional merupakan olahraga warisan leluhur yang perlu dilestarikan, serta merupakan budaya bangsa Indonesia yang harus dijaga.

” Untuk melestarikan budaya tersebut
sudah barang tentu perlu adanya dukungan dari semua pihak, salah satunya dari Pemerintah Kabupaten Garut, dalam mewujudkan upaya tersebut Pemerintah Kabupaten Garut melalui Dinas Pemuda dan Olahraga, hari ini akan menyelenggarakan kegiatan Olahraga Tradisional antar SD tingkat Kabupaten Garut yang mana kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan antusias masyarakat serta membangkitkan minat anak – anak terhadap olahraga tradisional yang pada zaman sekarang ini olahraga tradisional seolah sudah terlupakan di era digitalisasi, melalui momentum ini kami berharap olahraga tradisional di Kabupaten Garut dapat bangkit kembali serta mampu bersaing dengan olahraga prestasi lainnya” ungkap Kuswendi.

Sambung Kuswendi, cabang – cabang olahraga yang dipertandingkan pada kegiatan ini yaitu Hadang / Galah diikuti oleh perwakilan SD dari 27 Kecamatan, Sumpitan diikuti oleh perwakilan SD dari 22 Kecamatan, Egrang diikuti oleh perwakilan SD dari 32 Kecamatan, Tarumpah Panjang diikuti oleh perwakilan SD dari 28 Kecamatan dan Dagongan diikuti oleh perwakilan SD dari 27 Kecamatan.