Bupati dan Wakil Bupati Garut Dilantik Menjadi Ketua Mabicab dan Ketua Kwarcab Pramuka Garut

3.519 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, GARUT  – Wakil Bupati Garut H Helmi Budiman secara resmi dilantik menjadi Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupateb Garut, di Sarana Olah Raga (SOR) Ciateul, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jum’at 19 Februari 2021. Sedangkan Bupati Garut H Rudy Gunawan, dilantik sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Garut, oleh Ketua Kwarda (Kwartir Daerah) Pramuka Provinsi Jawa Barat, Atalia Praratya.

Bupati Rudy selaku Ketua Mabicab, dalam sambutannya menyampaikan bahwa seorang pramuka adalah seorang yang patriotik dan berjiwa ksatria.

Advertisement

” Gerakan Pramuka di Kabupaten Garut meskipun di masa-masa sulit sekarang ini bisa menjadi bagian solusi bagi penyelesaian masalah-masalah yang kita hadapi, karena pramuka ini banyak akalnya pramuka ini mempunyai komitmen Dasa Dharma dan Pramuka ini adalah seseorang yang mempunyai jiwa patriotik, jiwa ksatria, suka menolong sesama, mencintai alam dan tentu orang yang bertakwa kepada Allah Subhanahu wa ta’ala,” ujar Rudy.

Rudy mengingatkan, penggunaan pakaian Pramuka di Kabupaten Garut, tidak hanya dilakukan setiap tanggal 14 Agustus atau pada saat peringatan hari Pramuka saja, namun pihaknya memberlakukan penggunaan pakaian Pramuka ini setiap hari sabtu.

” Perlu kami laporkan Ibu Atalia di Kabupaten Garut kami sudah menetapkan setiap tanggal 14 ini sudah tahunan yang lalu menggunakan baju pramuka (tapi kami) hari Sabtu itu menggunakan baju pramuka untuk semua,” ucapnya.

Ia berharap para unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang menjabat di Mabicab dan Kwarcab Pramuka Garut, bisa memberikan yang terbaik untuk Gerakan Pramuka di Kabupaten Garut.

” Saya harapkan pada saat inilah kita mengabdi di jabatan kita untuk kepentingan gerakan pramuka Kabupaten Garut, (walaupun) Kepala Dinas pun mungkin ada yang pensiun pada masa sebelum tahun 2025,” harap Rudy.

Sementara itu, Ketua Kwarda Pramuka Provinsi Jawa Barat, Atalia Praratya, menyampaikan bahwa pelantikan ini sangat penting khususnya dalam rangka memenuhi Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga gerakan pramuka di Jawa Barat.

” Pelantikan ini adalah satu hal yang sangat penting sekali dilaksanakan dalam rangka memenuhi AD ART gerakan pramuka yang khususnya kita di Jawa Barat ini tentu saja harapannya adalah agar semangat kita terus menggelora,” tutur Atalia.

Dalan kesempatan ini juga, ia mengucapkan selamat atas Hari Jadi ke-208 Garut (HJG).

” Saya ingin ucapkan juga selamat milad bagi Kabupaten Garut yang sudah menyentuh angka 208, doa dari kami semua mudah-mudahan Garut tetap menjadi pangirutan, tata tengtrem karta raharja,” pungkasnya.