Kodim 0611/Garut Gelar Kegiatan Bakos Pemberdayaan Masyarakat Kodim 0611/Garut Ta.2020

1.547 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, GARUT – Kodim 0611/Garut gelar kegiatan Kegiatan Bakos Pemberdayaan Masyarakat, Dengan tema ” Peranan TNI Mewujudukan Pemberdaya Masyarakat Yang Mandiri dan Sejahtera” Kegiatan tersebut bertempat di Gedung Graha Bakti Kodim 0611/Garut Jl. Veteran Kecamatan Garut Kota Kabupaten Garut dan dihadiri oleh Ketua/Pembina Persit KCK Jajaran Kodim 0611/Garut, Ketua dan Anggota Sanggar Rangga Madya Garut. Kamis 19 November 2020.

Komandan Kodim 0611/Garut, Letkol Czi Deni Iskandar dalam sambutanya menyampaikan, Komando kewilayahan sebagai ujung tombak TNI AD dalam melaksanakan pembinaan teritorial melaksanakan langkah langkah konkrit diwilayah yang dimana implementasinya diwujudkan dengan kegiatan Bakti TNI. Secara umum tujuan Bakti TNI ini adalah untuk mengatasi kesulitan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga diharapkan akan mewujudkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

Advertisement

” Aplikasi Kegiatan Bakti TNI ini berkembang seiring dengan berubahnya kebutuhan, situasi dan kondisi masyarakat wilayah yang semula berupa bantuan langsung menjadi peningkatan kapasitas dan diharpkan masyarakat dapat mandiri tanapa menunggu bantuan dari orang lain sehingga mampu mewujudkan potensi warga negara dalam pembangunan ekonomi dan sosial.” harap Dandim.

Masih Kata Dandim 0611, Bakti Sosial Pemberdayaan Masyarakat adalah suatu wujud kepedulian TNI keoada masyarakat di wilayahnya untuk mengatasi kesulitan dan meningkatkan kapasitas masyarakat melalui solusi aplikatif yang mudah diterapkan oleh masyarakat, hal tersebut berdampak langsung pada peningkatan tarap hidup ekonomi kesejahteraan serta terwujudnya ketahanan masyarakat terhadap ancaman, gangguan, hambatan dan tangtangan terhadap kedaulatan NKRI.

” Program ini bertujuan meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan masyarakat dengan memberdayakan potensi wilayah sehingga masyarakat dengan memberdayakan potensi wilayahnya menjadi lebih mandiri dan memiliki peluang untuk meningkatkan taraf hidupnya sendiri” ungkapnya.

Lanjut Dandim, progran Bakti Sosial pemberdayaan masyarakat ini menuntut kreatifitas Dansatkowil untuk melihat dan menilai potensi wilayah serta memanfatkannya menjadi peluang yang dapat dikembangkan untuk masyarakat sesuai tipologi wilayahnya masing-masing dan sasarannya antara daerah masing-masing tergantung potensi wilayah dan sumber dayanya dan kegiatan ini dapat dikembangkan melalui kerjasama atau sinergitas progam dengan pemerintahan daerah, intansi dan swasta”. harapnya.

Dalam program kegiatan ini tema yang diambil adalah “Peranan TNI Mewujudkan Pembangunan Masyarakat Yang Mandiri dan Sejahtera” memiliki tujuan meningkatakan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan dengan memeberdayakan potensi wilayah sehingga masyarkat menjadi lebih mandiri dan sejahtera ” Kegiatan tersebut dibagi menjadi dua materi yaitu pemberdayaan pendidikan lokal dan pemberdayaan budaya lokal.

” Dengan harapan tercapainya kegiatan pendampingan masyarakat dan penguatan di bidang pendidikan, kesehatan, wirausaha, ekonomi dan budaya masyarkat setempat serta meningkatkan kehidupan sosial untuk mencapai keluarga yang sejahtera, mewujudkan kesetaraan hidup masyarakat dan menumbuhkan rasa cinta terhadap pendidikan dan budaya lokal.”tandasnya.