Mengisi Idul Adha MAN I Sumedang Adakan Praktek Manasik Haji Dan Qurban Sapi

1.275 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, SUMEDANG -Sebanyak 800 orang Madrasah Aliyah Negeri (MAN) I Sumedang ikuti praktek manasik haji dan penyembelihan hewan qurban sapi. 

Para siswa beserta seluruh staf pengajar dalam praktek manasik haji tersebut mengikuti seluruh tahapan ibadah haji layaknya di tanah suci, lapangan upacara pun dirubah menjadi tempat thawaf, sambil berkeliling replika ka’bah para siswa terus mengumandangkan kalimat kalimat dalam tahapan ibadah haji yang sesungguhnya.

H.Heru wakasek MAN I Sumedang mengatakan praktek manasik haji yang sekarang dilaksanakan oleh Madrasah Aliyah Negeri (MAN) I Sumedang.

” Bertujuan untuk mengimplementasikan keilmuan tentang manasik haji yang sudah didapat dalam kegiatan belajar secara nyata dalam prakteknya, ” ucapnya Senin,12 Agustus 2019.

Lebih lanjut H.Heru menjelaskan, Madrasah Aliyah yang identik dengan kegiatan agama, tidak boleh hilang nilainya minimal mereka tahu langkah atau tahapan dalam melaksanakan ibadah haji.

Sementara H.Ahmad Haris selaku Kepala Sekolah MAN I Sumedang menjelaskan selain praktek manasik haji para siswa juga melakukan praktek qurban.

” Pada Tahun ini kami menyembelih sapi sebagai hewan qurban, ” terangnya.

Lebih jauh H.Haris mengatakan, arti latihan qurban sendiri bagi para siswa adalah sebagai bagian dari proses pembiasaan.

” Supaya mereka dalam menjalani kehidupan kedepan mempunyai motivasi dan tergugah melaksanakan kewajiban seorang muslim bagi yang mampu untuk berqurban,” ujar H Haris.