Mobil Polisi Disulap Jadi Perpustakaan Keliling. Kenapa ya Kira – Kira ?

7.648 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, GARUT – Mobil milik kepolisian sektor Leles Garut ‘disulap ‘ menjadi mobil perpusatakaan keliling.

“ Saya ingin menumbuhkan minat baca masyarakat dan anak sekolah di tengah gempuran internet. Daripada di media sosial anak-anak bisa jadi terkena dampak konten-konten yang kurang pas, dengan disediakan bacaan gratis ini, mereka bisa mudah dapat ilmu tanpa harus ke gedung perpustakaan,” kata Kapolsek Leles, AKP Asep Muslihat Sutarwan SH, saat melaksanakan Program Patroli dan Perpustakaan Keliling di Kampung Palalangon dan Kampung Talun Desa Cangkuang Kecamatan Leles, Garut.

Advertisement

Puluhan anak di dua kampung Desa Cangkuang tersebut cukup antusias mengikuti proses pendidikan yang dilakukan oleh sejumlah anggota Polsek Leles melalui perpustakaan keliling. Hal ini dilakukan guna mendekatkan institusi kepolisian kepada masyarakat, terutama agar kepolisian sebagai institusi tidak dipandang sebagai sesuatu yang menakutkan bagi masyarakat.

Kapolsek Leles didampingi Kanit Binmas, Aiptu Ano, dan Bhabinkamtibmas tampak mengenakan seragam lengkap berinteraksi dengan puluhan anak, dan memberikan pembinaan kepada anak-anak untuk membaca buku yang telah disediakan.

“ Giat polisi sahabat anak ini akan menjadi agenda rutin Bhabinkamtibmas di wilayah Polsek Leles. 250 buku dan majalah anak kita bawa langsung dari Polsek tujuannya agar anak gemar membaca dan lebih dekat dengan polisi,” kata Kapolsek Leles AKP Asep Muslihat Sutarwan SH, Sabtu, 3 Juni 2017

Menurutnya kegiatan ini cukup membuat institusi kepolisian merasa dekat dengan masyarakat. Biasanya pendidikan dilakukan oleh guru, namun kali ini pihak kepolisian juga dapat berkesempatan interaksi dengan anak-anak di wilayah Leles untuk berdekatan melalui proses pendidikan.

Para orang tua anak juga mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh kepolisian Leles tersebut. Dengan menggunakan mobil dinas, program kepolisian yang baru berjalan di bulan suci ramadhan ini menjadi satu terobosan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Susi (41), salah satu orang tua yang mendampingi anaknya mengaku senang anaknya bisa dekat dan belajar membaca dengan beberapa anggota Kepolisian Leles.

“Sangat senang dan berkesan, anak kami bisa belajar membaca dan berkomunikasi dengan anggota-anggota kepolisian Polsek Leles yang datang membawa buku bacaan anak,” ungkap Susi warga Kampung Talun, Desa Cangkuang.

Kasat Binmas Polres Garut, AKP Poniman SH menyatakan, sangat bangga atas dedikasi AKP Asep Muslihat Sutarwan SH. Dimana ia selain melindungi dan mengayomi masyarakat, Asep juga memberikan pencerdasan ke masyarakat.

“ Dedikasinya benar-benar iklas melakukan pekerjaan itu sambil mengayomi dan melindungi masyarakat. Ia juga telah berjasa membangun citra positif Polri ditengah masyarakat. Beliau mencerdaskan bangsa, mencerdaskan masyarakat melalui perpustakaan keliling,” Ujar Kasat Binmas dengan bangga.