Ubah Plastik Jadi Bangunan? Kenapa Tidak ?

8.104 dibaca

BUANAINDONESIA.CO.ID, GARUT – Sampah yang selama ini dipandang sebelah mata oleh awam, ternyata dapat digunakan sebagai material bangunan.

Advertisement

Baru – baru ini, Komando Distrik Militer (KODIM) 0611 Garut kembali unjuk  inovasinya dalam pengelolaan sampah yang bisa material bangunan tersebut. Material tersebut dari bahan baku sampah plastik. Plastik bekas disulap menjadi Paving blok yang bisa digunakan di halaman rumah atau untuk jalan.

Kepada Buanaindonesia Network (Buanajabar.co.id), Dandim 0611 Letkol Inf Asyraf Azis mengatakan, kepedulian serius dalam menyikapi permasalahan sampah yang ada di wilayah Kodim 0611 Garut menjadi inspirasi untuk dapat dimanfaatkan sebaik baiknya.

“Dengan bermodalkan alat pres dari bahan bekas pakai, sampah plastik kami sulap menjadi paving blok yang bermanfaat bagi lingkungan,”kata asyraf, Selasa, 6 Maret 2018.

Disampaikan Asyraf, berbeda dengan Paving blok yang terbuat dari pasir, bahan dasar plastik ini lebih ringan dan lebih awet atau tahan lama. Sebab plastik membutuhkan waktu lama untuk terurai,teknologi ini sudah lama ada tetapi tidak banyak diketahui oleh masyarakat luas”ujarnya.

Asyraf  berharap proyek ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Selain untuk menghasilkan pundi pundi uang,kita bisa mengurangi volume sampah yang kini sangat tidak terkendali. Semoga semangat dalam penanganan sampah ini bergelora di masyarakat Garut sehingga tercipta Garut yang bersih,”pungkas Asyraf.

G005