UNBK sebagai Penunjang, USBN yang Menentukan Kelulusan

21.291 dibaca
Sebanyak 412 siswa kelas XII (dua belas) SMA Negeri 5 Bandung, mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dengan serius, Selasa, 20 Maret 2018. (BUANA INDONESIA NETWORK/Abby Aditya E.P)

BUANAINDONESIA.CO.ID, BANDUNG – Sebanyak 412 siswa kelas XII (dua belas) SMA Negeri 5 Bandung, mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dengan serius, pasalnya USBN menjadi salah satu ujian yang menentukan kelulusan, Selasa, 20 Maret 2018.

Advertisement

Seperti ujian sebelumnya, sarana komputer menjadi salah satu kendala bagi terselenggaranya USBN, sehingga pelaksanaan USBN dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pertama dilaksanakan di pagi hari dan sesi kedua di siang hari.

“Pada hari kedua USBN ini di bagi dua sesi, pagi dan siang dengan mata pelajaran Matematika dan Pendidikan Seni,” kata Suparman, Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Bandung.

Lanjut Suparman, berbeda dengan tahun sebelumnya, disaat kelulusan ditentukan berdasarkan hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sementara untuk tahun sekarang, yang menentukan kelulusan siswa yakni dari hasil Ujian Sekolah Berstandar Nasional Atau USBN, sedangkan UNBK hanya sekedar penunjang saja.

“Faktor kelulusan siswa SMA dengan mengikuti USBN ini berbeda di tahun sebelumnya, kalau dulu yang menentukan kelulusan dari UNBK,” sambungnya.

Pelaksanaan USBN ini, tambah Suparman, akan dilaksakan selama sembilan hari, dimulai dari hari senin kemarin hingga selasa depan. Ada pun mata pelajaran yang di-USBN-kan berjumlah 16 mata pelajaran. Semua nilai USBN sangat mempengaruhi terhadap kelulusan

“Sampai sore dari kemarin hingga sekarang, anak 100 persen hadir. Kami berharap anak tidak ada susulan,karena secara psikologis akan berbeda,” tutup Suparman.

G006